0 Point
Air Putih

Ini Manfaat Rutin Minum Air Putih di Pagi Hari

Minum air sangat penting untuk beberapa proses tubuh. Air berguna untuk mengangkut nutrisi ke setiap sel dalam tubuh, mengatur suhu, dan melumasi sendi. Jika Anda rutin minum air putih setiap pagi setelah terbangun dari tidur, ini dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan.

Beberapa manfaat kesehatan rutin minum air putih setiap pagi adalah:

Menurunkan berat badan

Beberapa orang percaya, bahwa minum air di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan. Studi di tahun 2019 menemukan bahwa asupan cairan yang lebih tinggi memiliki hubungan dengan peningkatan komposisi tubuh pada orang dalam usia dewasa muda.

Sebuah studi di tahun 2010 menemukan bahwa orang dewasa paruh baya dan lebih tua, kehilangan lebih banyak berat badan ketika mereka minum 500 mililiter air sebelum makan selama 12 minggu.

Para peneliti sebagian mengaitkan penurunan berat badan ini dengan penurunan asupan energi dari makanan di antara peserta yang rutin minum air sebelum makan. Ini berarti, mereka menjadi makan dalam porsi yang lebih sedikit dibandingkan dengan orang-orang yang tidak minum air sebelum makan.

Baik untuk mental

Air dapat berdampak pada kognisi dan kinerja mental. Bahkan, menurut sebuah studi di tahun 2016, dehidrasi ringan saja dapat memiliki efek buruk pada kognisi. Sebuah studi di tahun 2019 melihat efek hidrasi pada kinerja kognitif. Ditemukan bahwa ada tren peningkatan kinerja mental pada peserta studi yang terhidrasi dengan baik. Namun, para peneliti mencatat bahwa hasilnya tidak signifikan secara statistik.

Selain itu, peserta dalam penelitian ini meminum air sepanjang hari. Ini mungkin menunjukkan bahwa hidrasi sepanjang hari mungkin diperlukan untuk kinerja mental yang lebih baik, daripada hanya minum air di pagi hari.

Sementara itu, sebuah penelitian lain di tahun 2019 pada mahasiswa laki-laki menemukan bahwa, dehidrasi memiliki efek negatif pada memori dan perhatian atau konsentrasi dalam jangka pendek. Memori dan konsentrasi kembali meningkat, setelah peserta kembali terhidrasi.

Meningkatkan suasana hati

Minum air juga memiliki efek positif pada suasana hati seseorang. Sebuah studi di tahun 2014 menemukan bahwa orang yang biasanya minum air dalam jumlah sedikit, memiliki suasana hati yang lebih baik ketika mereka meningkatkan asupan air mereka.

Penelitian yang sama juga menemukan, bahwa ketika individu, yang biasanya minum air dalam jumlah besar, mengurangi asupan air mereka, mereka kemudian akan mengalami rasa haus lebih sering, penurunan tingkat kepuasan, dan kurang merasa tenang dan kurang merasakan emosi yang positif.

Sebuah studi lain di tahun 2019 juga menemukan bahwa dehidrasi memengaruhi suasana hati secara negatif, sementara rehidrasi meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala kelelahan. Dengan demikian, seseorang yang ingin minum air sepanjang hari, mungkin akan mengalami efek positif yang berkepanjangan pada suasana hati mereka.

(Foto: usatoday.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok