Ini Manfaat Rutin Mencuci Muka di Malam Hari

February 06, 2020 | Claudia

Cuci muka

Setelah seharian bekerja, berbaring di tempat tidur rasanya lebih menggoda ketimbang harus membersihkan dan merawat kulit Anda. Padahal, sangat berbahaya jika Anda membiarkan diri tertidur dengan kondisi kulit yang masih penuh makeup dan juga debu-debu yang menempel dari jalanan.

Membersihkan wajah sebelum benar-benar tertidur lelap merupakan suatu kewajiban. Sebab, kotoran dan makeup yang menempel di wajah bisa menjadi sumber dari banyak masalah jika dibawa tidur semalaman. Selelah apapun Anda, paling tidak cucilah wajah Anda dengan sabun muka yang lembut. Ini dapat membantu membersihkan kulit Anda secara menyeluruh dan merawatnya ketika Anda tertidur semalaman.

Berikut beberapa manfaat mencuci muka sebelum tidur:

Membersihkan pori-pori kulit

Sel-sel kulit mati dapat menumpuk di pori-pori jika Anda malas merawat dan membersihkannya secara rutin. Selain itu, produk make-up yang Anda gunakan juga dapat meresap ke dalam pori-pori kulit, yang jika dibiarkan dalam waktu lama akan semakin menyumbat pori-pori kulit. Mencuci wajah di malam hari sebelum tidur, dapat membantu menghilangkan semua kotoran dari wajah sehingga membantu membuka pori-pori kulit. Jika Anda memiliki waktu lebih, lakukanlah eksfoliasi kulit setiap minggunya sehingga pori-pori Anda dapat menjadi lebih bersih.

Mengurangi kemungkinan jerawat

YesDok Ads

Pori-pori yang tersumbat dan serangan bakteri adalah dua alasan utama timbulnya jerawat. Membersihkan kulit di malam hari dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menghilangkan semua kotoran yang menempel di wajah. Membiarkan makeup masih menempel di wajah sepanjang malam, juga dapat menyebabkan masalah kulit lainnya seperti komedo.

Tertundanya proses peremajaan kulit

Tidur yang nyenyak dapat melakukan banyak hal untuk kulit Anda. Kulit Anda melakukan regenerasi di malam hari. Kulit akan melepaskan sel-sel kulit mati dan memperbaiki dirinya sendiri di malam hari. Itu sebabnya kulit Anda akan terasa lebih baik setelah 6 sampai 8 jam tidur malam. Tetapi ketika Anda tidak mencuci muka di malam hari sebelum tidur, ini akan menghambat proses regenerasi di kulit.

Mengatasi kulit kusam

Kulit kita bersentuhan dengan banyak hal di siang hari. Kotoran, debu, polusi, dan asap, dapat membahayakan kulit Anda. Belum lagi pemakaian makeup yang juga dapat menambah risiko bahaya di kulit. Seiring waktu, semua ini dapat membuat kulit terlihat lebih kusam dan lelah. Oleh karena itu, disarankan bagi Anda untuk senantiasa membersihkan kulit di malam hari agar mengurangi risiko masalah di kulit yang tidak diinginkan. Semua ini juga akan membuat kulit Anda tampak lebih sehat dan bercahaya.

(Foto: insider.com)

YesDok Ads