Ini Manfaat Olahraga Saat Menstruasi, Jangan Lewatkan!

May 18, 2019 | Aqiyu

Bagi beberapa wanita yang sedang menstruasi kadang merasakan sakit pada pinggang hingga kram perut. Hal tersebut tentu membuat tidak nyaman dan berpotensi menghambat aktivitas. Oleh karena itu, saat menstruasi rasanya malas untuk berolahraga. Padahal banyak manfaat baik dari olahraga saat menstruasi.

Beberapa studi mengklaim bahwa para wanita yang melakukan banyak pergerakan seperti berolahraga saat menstruasi, akan membuatnya merasa lebih baik dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat menstruasi.

Seorang ahli fisiologi olahraga, Stacy Sims, PhD, juga mengatakan bahwa semakin aktif tubuh bergerak, maka rasa nyeri akan semakin berkurang.

Olahraga yang dapat dilakukan saat menstruasi tidak harus olahraga berat. Anda bisa berjalan kaki, yoga, lari, pilates, bersepeda hingga menari. Berikut manfaat olahraga saat menstruasi seperti yang dilansir Times of India:

Mengurangi nyeri

menstruasi Rasa nyeri saat menstruasi terkadang tidak bisa dihindari. Berolahraga saat menstruasi bisa membantu meningkatkan efektivitas dari sirkulasi darah. Hal tersebut dapat mengurangi nyeri dan sakit kepala akibat hilangnya darah dan zat besi. Latihan ringan seperti berjalan dan yoga dapat membantu mengurangi rasa sakit. Berolahraga juga bisa membuat kamu terhindar dari kram perut.

Memperbaiki mood

YesDok Ads

Saat menstruasi mood seorang wanita menjadi tidak stabil. Seperti permainan roller coaster, naik turun. Bahkan cenderung lebih sensitiv dari biasanya. Jika sudah begini, mood sepanjang hari akan menjadi buruk. Untuk mengatasinya, Anda bisa berolahraga, karena olahraga dapat membantu melepaskan hormon endorphin yang dikenal sebagai peningkat suasana hati. Sehingga membantu melepaskan pikiran Anda dari rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Melancarkan menstruasi

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa olahraga dan aktivitas fisik dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh. Apalagi jika dilakukan saat sedang menstruasi, hal tersebut membantu melancarkan haid. Hal itu dikarenakan rutin berolahraga dapat mengatasi masalah sirkulasi darah dan memberikan efek tenan pada tubuh.

Menjaga suhu tubuh

Agar terhindar dari lemas, lesu dan lunglai saat menstruasi, Anda bisa mengatasinya dengan berolahraga. Karena dengan olahraga, suhu tubuh akan terjaga keseimbangannya. Wajib diketahui, suhu tubuh memengaruhi kebugaran tubuh, maka dari itu aktivitas fisik yang ringan bisa menyimpan panas lebih lama saat menstruasi dimana suhu tubuh menurun. 

(Foto: pexel)

YesDok Ads