Ini Manfaat Olahraga dengan Pasangan

January 25, 2020 | Claudia

Olahraga

Sangat penting untuk Anda mulai menjalankan gaya hidup sehat, mengingat saat ini banyak sekali masalah kesehatan yang muncul akibat gaya hidup yang buruk. Salah satu pilihan gaya hidup sehat yang seharusnya dilakukan oleh semua orang adalah berolahraga. Sayangnya, masih sedikit yang sadar bahwa melakukan olahraga secara rutin akan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Di tengah-tengah rutinitas yang padat, menyisihkan sedikit waktu untuk beristirahat saja sulit, terlebih untuk berolahraga. Inilah yang menjadi alasan dari banyak orang enggan melakukan olahraga. Padahal, olahraga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan, terlebih olahraga juga tak melulu hanya bisa dilakukan di lapangan atau di pusat kebugaran.

Anda bisa mulai berolahraga di rumah, baik saat baru bangun tidur atau sepulangnya dari kerja. Jika olahraga terasa sangat melelahkan dan menjemukan bagi Anda, maka cobalah ajak pasangan Anda untuk bersama-sama melakukannya. Olahraga bersama pasangan membawa banyak keuntungan, baik menambah keintiman juga kekompakan Anda dan pasangan, juga membawa banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Olahraga bersama bisa menjadi waktu yang sangat berkualitas bagi Anda dan pasangan. Untuk lebih meyakinkan Anda, berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan jika rutin melakukan olahraga bersama pasangan Anda:

Meredakan stres

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Stress Management, peserta yang bersepeda selama 30 menit bersama dengan seorang teman atau pasangannya, dapat merasakan perasaan tenang dibandingkan dengan berolahraga sendirian. Jadi, ketika Anda hendak bersepeda, ajaklah pasangan Anda untuk melakukannya bersama-sama. Ini tentu akan menjadi kegiatan yang menyehatkan dan menyenangkan untuk dijalani berdua.

Meningkatkan mood

Berolahraga bersama teman, rekan kerja atau pasangan, bisa membuat Anda lebih bersemangat dan menikmati waktu berolahraga daripada orang-orang lain yang berolahraga sendirian. Anda juga bisa mencoba beberapa latihan baru setiap harinya saat berolahraga bersama pasangan. Ini dapat sangat berguna untuk membantu meningkatkan mood saat berolahraga dengan pasangan dan juga mengatasi kebosanan akibat olahraga yang tidak bervariasi.

Mengurangi cedera

Ketika Anda berolahraga bersama pasangan, Anda dapat saling mengamati dan memberi saran perihal apa olahraga yang sebenarnya lebih cocok untuk Anda juga pasangan Anda sesuai dengan tipe dan jenis tubuh Anda. Anda dan pasangan juga bisa saling mengawasi, apakah olahraga yang Anda lakukan masih dalam batas normal atau sudah berlebihan. Ini sedikitnya bisa menghindari Anda dari kemungkinan cedera.

Membangun kompetisi yang sehat

Berolahraga bersama pasangan dapat membantu membangun kompetisi yang sehat di antara Anda dan pasangan. Ini akan memotivasi Anda untuk mendorong kemampuan diri Anda, selain itu juga melatih Anda untuk lebih konsisten. Anda dan pasangan dapat saling bersaing dalam melakukan latihan fisik, sehingga membantu Anda mencapai kinerja dan stamina yang lebih baik saat berolahraga.

Membantu mencapai tujuan lebih cepat

Memiliki rekan saat melakukan latihan fisik rutin, akan memotivasi Anda untuk berlatih lebih keras dan tampil lebih baik saat berolahraga. Anda juga bisa memiliki alasan untuk tidak bermalas-malasan saat berolahraga sehingga ini akan membuat Anda tetap konsisten menjalankannya. Lama-kelamaan konsistensi yang terus terjaga, akan membantu Anda mencapai tujuan lebih cepat.

(Foto: optivusphysicaltherapy.com)

YesDok Ads