Ini Manfaat Mengajak Anak dalam Menyiapkan Menu Buka Puasa

May 03, 2020 | Iman

Memasak bersama anak

Hadirnya Bulan Ramadan ditengah-tengah pandemi Virus Corona menjadi waktu yang tepat bagi para orang tua untuk menyiapkan makanan sehat bagi keluarga saat berbuka puasa. 

Dalam menyiapkan menu buka puasa, orang tua bisa mengajak anak mereka dalam proses memasak di dapur karena ini akan membuat anak lebih tertarik memasak dan menyantap makanan sehat yang dibuat sehingga Anak pun tidak akan memilih-milih makanan.

Beberapa ahli menyebutkan bahwa sebenarnya banyak orang tua yang menganggap dapur adalah tempat yang baik bagi anak untuk belajar. Bahkan, dapat melatih panca indera anak.

Karena selama di dapur dan menemani orang tua memasak, anak dapat mencicipi berbagai rasa, mencium bau, dan melihat bahan makanan sehat yang sangat bervariasi. 

Namun, ada beberapa langkah yang harus para orang tua perhatikan ketika ingin mengajak anak saat memasak di dapur. Apa saja? 

YesDok Ads

Pertama, anda bisa membuat lingkungan yang aman bagi anak. Perhatikan sekelilingnya, anda bisa amankan beberapa benda tanjam, dan cairan panas, agar anak terhindar dari kejadian tidak diinginkan. 

Kedua, anda dapat membiarkan anak untuk eksplorasi dan menikmati aktivitas yang dilakukan selama di dapur. Tetapi, harus tetap dalam pantauan anda agar dapur tak cepat kotor. 

Salah satu hal menarik adalah dimana anda mencapurkan bahan makanan. Ketikan hal tersebut dilakukan, diyakini akan mengasah kemampuan motorik anak, dan bermanfaat agar anak ingin terus belajar. 

(Foto: Freepik)

YesDok Ads