Ini Manfaat Mandi dengan Air Dingin

January 03, 2020 | Claudia

Manfaat mandi air dingin

Mandi air dingin di tengah hari yang terik dan panas memang dapat menyenangkan. Tapi, membayangkan harus mandi air dingin di malam hari saat cuaca tengah hujan sehingga suhu menjadi lebih dingin, tentu akan membuat Anda menggigil lebih dulu bahkan sebelum melakukannya.

Tapi di balik itu semua, tahukah Anda bahwa mandi air dingin membawa manfaat untuk kesehatan dan kecantikan? Banyak mitos yang beredar seputar mandi air dingin. Banyak yang bilang, mandi air dingin dapat menyebabkan atau memperparah flu, membuat rematik, dan lain-lain. Padahal, mandi air dingin justru membawa banyak manfaat kesehatan dan kecantikan.

Untuk membuktikannya, Anda bisa menyimak ulasan lebih lengkap berikut ini:

Meningkatkan konsentrasi

Ketika air dingin mulai membasahi tubuh kita, ini dapat meningkatkan detak jantung dan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Pernapasan kita semakin dalam sebagai respons terhadap basuhan air dingin. Ini kemudian dapat memberi dampak peningkatan energi, juga meningkatkan kewaspadaan serta konsentrasi kita sepanjang hari.

Meningkatkan imunitas dan sirkulasi darah

Mandi air dingin dapat menurunkan tekanan darah, mengatasi arteri yang tersumbat dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga jantung dapat memompa darah lebih efisien. Ini pada gilirannya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

YesDok Ads

Bermanfaat untuk rambut dan kulit

Ada banyak manfaat untuk kulit yang dirasakan dari mandi air dingin. Mandi air dingin dapat secara tepat membantu melepaskan racun dari kulit. Penggunaan air panas cenderung membuat kulit lebih kering dan membuka pori-pori kulit. Sementara air dingin membantu mempertahankan kelembapan alami kulit dan juga mengencangkan pori-pori sehingga mencegah jerawat, komedo, kulit kusam, dan lain-lain. Mandi air dingin juga menutup kutikula rambut sehingga mengurangi akumulasi kotoran pada kulit kepala. Mandi air dingin juga bekerja dengan efektif untuk mengembalikan kilau alami rambut.

Meningkatkan metabolisme

Manfaat mandi air dingin untuk kulit salah satunya adalah membantu tubuh mengatur kembali suhu tubuh secara berkala, yang menyebabkan konsumsi energi dan kalori lebih banyak. Ini dapat meningkatkan laju metabolisme. Tingkat metabolisme yang baik sangat penting untuk tubuh untuk tetap sehat dan bugar.

Mengatasi gejala depresi

Mandi air dingin memberikan dampak yang kuat dari reseptor dingin di kulit. Reseptor-reseptor ini mengirimkan sejumlah besar dorongan listrik dari saraf perifer ke otak yang menghasilkan efek anti-depresi.

(Foto: jnjungeiwordpress.com)

YesDok Ads