Ini Manfaat Kunyit untuk Penyembuhan Luka

October 03, 2020 | Claudia

Bubuk kunyit

Luka pada kulit, entah itu luka bakar atau sayatan atau akibat terjatuh, dan lain-lain, rentan mengalami infeksi dan dapat menyebabkan penumpukan nanah. Jika luka yang Anda miliki tidak segera diobati, ini akan menyebabkan infeksi di seluruh tubuh.

Oleh karena itu, sangat penting untuk segera mengobati luka untuk mencegah terjadinya infeksi. Ada banyak pengobatan alami yang dapat membantu Anda mengobati luka.

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu mengobati luka. Kunyit memiliki khasiat penyembuhan yang baik dan juga berbagai manfaat kesehatan lainnya. Sifat antiseptik dalam kunyit dapat membantu mengatasi berbagai infeksi di tubuh, termasuk infeksi yang terjadi akibat luka. Pengobatan dengan kunyit membantu meredakan peradangan, dan membantu menyembuhkan luka lebih cepat.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan dalam memanfaatkan kunyit untuk mengobati luka:

Teh kunyit untuk infeksi darah

Jika Anda mengalami infeksi di tubuh, termasuk Infeksi Saluran Kemih, meminum teh kunyit dapat membantu. Rebus dua gelas air dan campurkan satu sendok teh bubuk kunyit. Tambahkan madu secukupnya, dan  tuang kembali teh kunyit ke dalam gelas. Minum selagi masih hangat.

Susu kunyit

Meminum susu kunyit juga bisa membantu proses penyembuhan luka pada tubuh Anda. Selain itu, minum susu kunyit juga bermanfaat menyembuhkan peradangan dan infeksi tubuh lainnya.

YesDok Ads

Sakit kepala

Jika Anda mengalami sakit kepala yang parah atau ringan, campurkan kunyit dengan air untuk membuat pasta kental dan oleskan pada dahi Anda. Ini dapat membantu merdakan sakit kepala secara efektif.

Luka pada kulit

Jika Anda mengalami luka pada kulit akibat tersayat benda tajam atau terjatuh, Anda akan rentan mengalami infeksi. Obati segera dengan membuat pasta dari kunyit dan air. Oleskan pasta kunyit langsung pada area yang luka untuk menghentikan infeksi dan peradangan.

Jerawat

Anda juga bisa memanfaatkan kunyit untuk mengatasi jerawat. Buat pasta kunyit dari campuran bubuk kunyit dan air, lalu oleskan pada jerawat Anda. Ini dapat membantu mengempiskan jerawat dan mencegahnya tumbuh lagi di kulit.

(Foto: insider.com)

YesDok Ads