0 Point
Donor darah

Ini Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan Jantung

Apakah Anda sudah rutin melakukan donor darah? Jika belum, dan jika Anda memenuhi syarat, maka cobalah untuk rutin berdonor darah. Donor darah tak hanya memberi manfaat untuk orang lain yang membutuhkan transfusi darah, namun donor darah juga bermanfaat bagi si pendonor.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat ketika seseorang melakukan donor darah, bahkan salah satunya untuk kesehatan jantung kita! Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapat dari melakukan donor darah:

Menjaga kesehatan jantung

Melakukan donor darah ternyata dapat memperlancar aliran darah juga mencegah penyumbatan arteri. Rutin melakukan donor darah dapat menurunkan risiko serangan jantung hingga 88 persen! Bahkan tak hanya itu, donor darah juga bisa meminimalisasi risiko stroke dan juga kanker. Kadar zat besi dalam darah pun bisa terjaga untuk tetap stabil, ketika seseorang rutin melakukan donor darah.

Bisa mendeteksi dini penyakit serius

Sebelum melakukan proses donor darah, seseorang diwajibkan untuk melewati proses skrining, sebelum darahnya diambil dan diberikan pada orang lain yang membutuhkan. Dari proses skrining ini, sang pendonor bisa mendapat kesempatan untuk mengetahui, apakah ada penyakit serius bersarang di tubuhnya? HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C, dapat dideteksi lewat darah. Untuk itu, jangan ragu, ya, melakukan donor darah, demi kebaikan kesehatan Anda juga!

Meningkatkan produksi sel darah

Saat melakukan donor darah, sel darah memang akan berkurang, namun, sumsum tulang belakang akan segera memproduksi kembali sel darah merah yang baru untuk menggantikan sel darah merah yang hilang. Ini berarti, jika Anda rutin mendonorkan darah, maka tubuh akan terus menstimulasi pembentukan darah baru yang lebih segar.

(Foto: osfhealthcare.org)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok