0 Point
Manfaat Bermain Sepak Bola Bagi Kesehatan

Ini Manfaat Bermain Sepak Bola bagi Kesehatan

Sepak bola merupakan salah satu jenis olahraga yang disukai oleh banyak orang. Tak hanya menyenangkan, manfaat bermain sepak bola bagi kesehatan juga sangat banyak.

Bermain sepak bola sudah jelas sangat baik untuk kesehatan fisik Anda. Selain itu, manfaat bermain sepak bola bagi kesehatan mental juga sangat banyak, seperti meningkatkan suasana hati, fokus, hingga empati.

Bermain sepak bola juga mengembangkan kemampuan untuk disiplin, komunikasi, kepemimpinan, kerja keras, dan kerja tim.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat bermain sepak bola bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan:

Mengurangi tekanan darah tinggi

Sepak bola adalah salah satu latihan fisik dengan intensitas tinggi. Ini bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah tinggi pada seseorang.

Sepak bola meningkatkan aktivitas berlari, yang mana sangat berpengaruh baik bagi kesehatan jantung. Rutin bermain sepak bola dapat mengurangi kemungkinan Anda menderita stroke dan komplikasi kesehatan lainnya di kemudian hari.

Dalam jangka panjang, manfaat bermain sepak bola bagi kesehatan dapat menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, dan arteri Anda.

Membentuk otot dan mengurangi lemak tubuh

Pemain sepak bola harus menggunakan seluruh tubuh saat melakukan olahraga ini. Jika dilakukan secara rutin, ini tentu baik untuk mengurangi lemak tubuh dan pembentukan otot.

Kombinasi latihan aerobik dan anaerobik sangat cocok untuk membakar kalori, mengencangkan tubuh, dan membentuk otot.

Memperkuat tulang

Selain mendapat kekuatan stamina, Anda juga dapat memperkuat tulang dengan bermain sepak bola. Saat berlari di lapangan, berat badan akan memberi tekanan pada tulang, sehingga dapat memperkuat dan meningkatkan kepadatan tulang.

Manfaat rutin bermain sepak bola bagi kesehatan dapat mencegah Anda dari cedera dan patah tulang.

Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Pemain sepak bola tidak hanya harus berlari, melompat, atau melakukan slide tackle, tak jarang kita melihat seorang pemain bola bahkan melakukan salto demi menembakkan bola ke gawang lawan.

Ini membutuhkan fleksibilitas tubuh dan rentang gerak yang tinggi. Dengan berlatih dan bermain secara teratur, disertai peregangan yang benar, maka tubuh akan terbiasa untuk melakukan berbagai gerakan, bahkan yang terlihat canggung sekalipun.

Meningkatkan suasana hati

Saat berolahraga, tubuh melepaskan zat kimia yang disebut endorfin. Fungsi endorfin tak hanya membantu menghilangkan rasa sakit dan menurunkan stres, tapi juga meningkatkan suasana hati, dan membantu Anda merasa lebih baik.

Penelitian juga menunjukkan bahwa berolahraga secara teratur meningkatkan kesehatan mental bahkan dalam jangka waktu yang lama. Sepak bola dapat menjadi salah satu pilihan olahraga yang baik untuk meningkatkan suasana hati.

Mengurangi stres, kecemasan, dan depresi

Pelepasan endorfin secara teratur juga membantu mengurangi perasaan stres, kecemasan, atau depresi. Selain itu, olahraga juga membantu merangsang pelepasan bahan kimia lainnya, seperti dopamin dan serotonin, yang berperan penting dalam mengatur suasana hati seseorang.

Meningkatkan empati

Sepak bola adalah olahraga tim, sehingga pemain harus bekerja sama dnegan rekan satu timnya, jika ingin memiliki peluang sukses.

Ini berarti dalam sepak bola tak hanya saling mendukung, tetapi juga memotivasi dan peduli antara sesama rekan dalam satu tim.

Bekerja sama dengan pemain lain dapat meningkatkan pemahaman Anda terhadap orang lain. Ini pada akhirnya dapat meningkatkan empati saat melihat orang lain bekerja keras, merayakan kemenangan, hingga menderita kekalahan.

Hal ini juga menjadi bukti, bahwa manfaat bermain sepak bola bagi kesehatan mental pun bisa didapatkan jika kita rutin melakukannya.

(Foto: totalsoccer.us)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok