Diet
+1

Ini Manfaat Air Dingin untuk Penderita Heartburn

November 30, 2022 | Claudia

Manfaat Air Dingin

Kelebihan produksi asam lambung dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan di tenggorokan atau heartburn. Asam lambung berlebih yang mengalir naik ke kerongkongan bisa menyebabkan kondisi heartburn dan masalah pencernaan lainnya.

Makan berlebihan, terlalu sering mengonsumsi makanan berminyak, pola hidup tidak sehat, merupakan beberapa penyebab utama dari heartburn.

Air dingin disebut dapat membantu Anda yang memiliki masalah heartburn, lalu apa saja manfaat air dingin untuk heartburn?

Air dingin

Salah satu manfaat air dingin adalah untuk mengatasi heartburn. Segelas penuh air dingin dapat membantu menstabilkan jumlah cairan tubuh.

 Air dingin dapat menenangkan tenggorokan dan dada. Segeralah meminum segelas penuh air putih dingin saat Anda mengalami heartburn, dengan begini asam yang mengalir deras ke kerongkongan akan mereda secara perlahan. Asal hati-hati, jangan sampai Anda meminum air yang terlalu dingin.

YesDok Ads

Minum air dingin sebagai penutup hari

Cobalah untuk meminum segelas air dingin di malam hari sebelum Anda tidur. Manfaat air dingin dapat menghentikan sensasi terbakar yang disebabkan karena asupan makanan yang tidak sehat. Segelas air dingin sebelum tidur juga akan membantu menenangkan proses pencernaan dan mengontrol produksi asam lambung.

Hindari makanan yang asam

Kebiasaan makan juga sangat penting untuk menghindari heartburn. Oleh karena itu, perhatikan selalu apa yang masuk ke dalam tubuh Anda. Jika Anda kerap mengalami heartburn, maka jangan makan apa pun yang bersifat asam, terlalu pedas atau terlalu berminyak.

Mengapa demikian? Ini karena semua makanan tersebut dapat menyebabkan masalah asam lambung. Hindari meminum susu dingin di malam hari, karena kandungan lemak dalam susu dingin akan meningkatkan produksi asam di dalam tubuh. Alih-alih susu, cobalah untuk rutin minum air dingin sebelum tidur. Manfaat air dingin akan lebih baik untuk penderita masalah asam lambung seperti heartburn.

(Foto: medicalnewstoday.com)

YesDok Ads