Diet
+1

Ini Makanan dan Nutrisi untuk Atasi Rambut Rontok

July 03, 2019 | Claudia

Seiring bertambahnya usia, rambut kita akan mulai menipis, khususnya pada pria yang prosesnya berjalan lebih cepat. Jika terus dibiarkan, ini akan membuat Anda mengalami kebotakan dini.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan ketika rambut Anda mulai rontok? Melakukan perawatan di salon bisa menjadi jawaban yang tepat dan brilian, sayangnya, tak jarang perawatan ini mengharuskan Anda merogoh kocek lebih dalam. Adakah solusi lain yang lebih ramah kantong? Tentu saja ada!

Mengonsumsi beberapa makanan bernutrisi akan membantu Anda terbebas dari masalah rambut rontok yang menjengkelkan ini. Pastikan Anda memasukkannya ke dalam menu makanan sehat harian Anda, sehingga Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada kebotakan dini.

Ingin tahu makanan dan nutrisi apa saja yang bisa membantu Anda mengatasi rambut rontok? Berikut ulasannya!

Telur untuk protein

Rambut Anda sebagian besar terdiri dari protein, oleh karena itu sangat penting untuk memastikan bahwa Anda mengonsumsi cukup protein dalam diet Anda. Dan telur merupakan salah satu sumber protein terkaya yang harus Anda miliki.

Sayuran berdaun gelap untuk zat besi

Zat besi juga merupakan mineral penting yang dibutuhkan sel-sel rambut Anda. Bahkan, kekurangan zat besi dalam tubuh bisa menyebabkan rambut rontok. Ketika tubuh Anda kekurangan zat besi, oksigen dan nutrisi tidak dapat diangkut ke akar dan folikel rambut. Akibatnya, pertumbuhan rambut Anda akan terhambat dan setiap helai rambut Anda terus menjadi lemah.

Buah jeruk untuk vitamin C

YesDok Ads

Sekarang, agar tubuh Anda mampu menyerap zat besi, vitamin C sangat dibutuhkan. Dan inilah alasan, mengapa Anda harus memasukkan buah jeruk ke dalam menu keseharian Anda. Banyak ahli gizi merekomendasikan bahwa, satu jeruk nipis per hari sudah cukup untuk mendapatkan dosis vitamin C harian Anda.

Vitamin C juga bertanggung jawab untuk produksi kolagen yang memperkuat kapiler yang terhubung dengan poros rambut. Memastikan asupan nutrisi penting ini secara teratur, dapat membuat pertumbuhan rambut lebih cepat.

Kacang untuk asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 sebagian besar bertanggung jawab untuk menutrisi rambut dan membuatnya lebih tebal. Karena tubuh kita tidak dapat menghasilkan lemak sehat ini, Anda harus mendapatkannya dari makanan yang Anda konsumsi. Almond dan kenari dapat menjadi pilihan Anda, karea kacang-kacangan ini sangat tinggi asam lemak omega-3.

Wortel untuk vitamin A dan avokad untuk vitamin E

Setelah Anda mulai minum jus wortel setiap hari, Anda akan bisa melihat sendiri seberapa cepat rambut Anda tumbuh. Rambut mengandung jaringan yang tumbuh paling cepat di antara seluruh bagian tubuh lainnya. Rambut dapat tumbuh dengan baik saat menerima cukup vitamin A. Vitamin A juga membantu menghasilkan sebum alami di kulit kepala, yang menjaga akar rambut tetap sehat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Di sisi lain, vitamin E meningkatkan sirkulasi darah untuk membantu folikel rambut bekerja lebih efisien, dan dengan demikian meningkatkan pertumbuhan rambut. Tak hanya itu, vitamin E juga menjaga tingkat minyak dan pH kulit kepala tetap seimbang. Dan, avokad merupakan sumber Vitamin E yang baik, selain juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal.

(Foto: healthyeating.sfgate.com)

YesDok Ads