Ini Loh Tanda Tubuh Anda Sehat Saat Bangun Tidur

January 03, 2022 | Aqiyu

bangun tidur

Tubuh membutuhkan energi. Selain makan, Anda dapat memperoleh energi dengan tidur. Tidur memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Sebab, saat tidur banyak reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh untuk menstimulasi kesehatan.

Reaksi kimia tersebut menimbulkan beberapa efek saat Anda bangun tidur. Namun jangan khawatir, karena reaksi yang muncul menandakan bahwa tubuh Anda sehat. Lalu apa saja tanda tubuh sehat saat bangun tidur? Berikut tandanya yang wajib diketahui:

Kerak mata

kerak mata atau lebih dikenal dengan sebutan belek ini adalah salah satu tanda bahwa tubuh Anda sehat. Biasanya kerak mata ini muncul setelah Anda bangun tidur. Bahkan kotoran mata ini menandakan jika tidur Anda berkualitas dan cukup. Kerak mata merupakan kombinasi ketika debu, lendir alami mata dan sel kulit. Timbulnya kotoran mata berarti mata Anda terlindungi dengan baik meski sedang tidur.

Kentut

Sering kentut saat bangun tidur? Eitsss, jangan malu ya. Karena kentut di pagi hari merupakan tanda bahwa sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik, lancar dan normal. Buang angin di pagi hari juga menunjukkan bahwa Anda cukup dalam memakan buah dan sayuran.

Sendawa

YesDok Ads

Sama seperti kentut, sendawa setelah bangun tidur adalah tanda bahwa tubuh Anda sehat dengan pencernaan yang baik. Dimana sendawa terjadi saat perut bekerja untuk mencerna makanan saat tertidur. Bersendawa berarti Anda mengeluarkan udara yang terperangkap dalam perut. 

Bau mulut

Bau mulut saat bangun tidur adalah hal yang sangat normal terjadi. Bau mulut merupakan respon alami tubuh saat terlelap. Perlu diketahui, saat tidur air liur dalam mulut menghilangkan bakteri penyebab mulut kering. Sehingga bakteri menumpuk di lidah dan gigi yang membuat bau mulut.

Urin gelap

Jangan kaget jika melihat urin berwarna gelap saat bangun tidur. Urine berwarna gelap pada umumnya merupakan tanda bahwa tubuh kekurangan cairan. Namun, sebenarnya hal tersebut adalah normal terjadi saat buang air kecil pertama setelah bangun tidur. Hal ini menunjukkan bahwa tubuh melepaskan hormon saat tidur dan ginjal beristirahat.

(Foto: womenweekly)

YesDok Ads