Ini Lama Waktu yang Dibutuhkan Tubuh Agar Terbebas dari Nikotin

September 26, 2020 | Helmi

merokok

Ketika orang menggunakan produk tembakau, beberapa nikotin tetap berada di sistem mereka setelah mereka berhenti merokok. Tes medis dapat mendeteksi nikotin dalam urin, darah, air liur, rambut, dan kuku seseorang.

Nikotin adalah zat adiktif dalam tembakau, rokok, dan vape atau rokok elektrik. Saat seseorang menghisap sebatang rokok, tubuhnya menyerap hingga 90 persen nikotin. Jejak nikotin akan bertahan lama setelah individu tidak lagi merasakan efeknya.

Dua jam setelah mengonsumsi nikotin, tubuh akan mengeluarkan sekitar setengah dari nikotin. Artinya nikotin memiliki waktu sekitar 2 jam di dalam tubuh.

Waktu yang singkat ini berarti bahwa efek langsung dari nikotin hilang dengan cepat, sehingga orang akan segera merasa mereka membutuhkan dosis lain.

Ketika nikotin masuk ke dalam tubuh, nikotin dipecah menjadi lebih dari 20 zat berbeda, termasuk kotinin, anabasin, dan nornikotin. Orang-orang akhirnya mengeluarkan produk sampingan ini dalam urin mereka.

Dokter dapat menggunakan tes nikotin untuk mengukur kadar nikotin dan produk sampingannya pada: air seni, darah, air liur, dan rambut.

Menurut American Association for Clinical Chemistry, dibutuhkan waktu lebih dari 2 minggu bagi darah seseorang untuk mencapai kadar cotinine yang sama dengan seseorang yang tidak menggunakan tembakau. Dibutuhkan beberapa minggu lagi untuk kadar urin menjadi sangat rendah.

Jejak nikotin mungkin tertinggal di rambut lebih lama, meskipun orang jarang diminta untuk melakukan tes rambut kecuali mereka sedang melakukan penelitian.

Semakin banyak seseorang merokok, dan semakin tinggi frekuensi merokok, semakin lama waktu yang dibutuhkan nikotin untuk keluar dari tubuh.

YesDok Ads

Lamanya waktu yang dibutuhkan nikotin untuk membersihkan berbeda antara orang-orang:

Nikotin dapat bertahan lebih lama di dalam tubuh pada orang dewasa berusia di atas 65 tahun.

Wanita cenderung memproses nikotin lebih cepat daripada pria, terutama jika mereka mengonsumsi pil KB.

Tubuh akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menghilangkan nikotin pada orang yang telah merokok lebih sering dan lebih lama.

Berapa lama penarikan nikotin bertahan?

Tingkat keparahan dan skala waktu gejala penarikan fisik akan bervariasi, tergantung pada seberapa banyak seseorang merokok.

Sebuah makalah dari tahun 2010 menunjukkan bahwa orang yang merokok lima batang atau kurang sehari mungkin tidak memiliki gejala fisik yang intens karena tubuh mereka kurang bergantung pada nikotin. Namun, mereka mungkin masih memiliki ikatan emosional dengan merokok.

Gejala penghentian nikotin paling buruk terjadi beberapa hari hingga beberapa minggu setelah merokok. Minggu pertama biasanya paling sulit, dan gejala berkurang secara bertahap selama beberapa minggu berikutnya.

 

YesDok Ads