Ini Jenis-Jenis Masker untuk Perawatan Kulit Maksimal

March 27, 2022 | Claudia

Masker Wajah

Untuk menjaga dan merawat kulit, pemakain masker merupakan salah satu yang disarankan. Akan tetapi, patut diingat, bahwa Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda, sebelum menentukan masker apa yang akan dipakai.

Bagi pemilik kulit kering, disarankan memakai masker yang mengandung bahan pelembap, sehingga mampu menutrisi kulit dan mengatasi masalah kulit kering. Sementara untuk yang memiliki masalah kulit kusam, masker dengan kandungan bahan pencerah kulit bisa diandalkan.

Saat ini, ada berbagai macam jenis masker yang tersedia di pasaran. Bagi Anda yang bingung menentukan mana masker wajah yang terbaik untuk kulit Anda, berikut kami jabarkan perbedaan jenis-jenis masker dan manfaatnya:

Clay mask

Clay mask atau masker tanah liat sangat baik untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak dan mudah berjerawat. Untuk catatan, ketika menggunakan masker ini, jangan biarkan sampai benar-benar kering. Ini karena bisa menyebabkan kulit Anda menjadi sangat kering. Gunakanlah 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Sheet mask

Sheet mask merupakan jenis masker paling praktis dan bisa Anda gunakan di mana saja. Variasinya pun juga sangat banyak sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda. Satu lagi nilai tambah, sheet mask merupakan salah satu jenis masker yang cocok untuk semua jenis kulit.

Peel off mask

Untuk Anda yang memiliki masalah komedo, masker jenis ini sangat cocok untuk Anda gunakan. Masker peel off juga bersifat mendinginkan dan melancarkan peredaran darah. Ini juga cocok bagi Anda yang memiliki masalah kulit kering.

Masker alami

Kualitas masker alami atau homemade tergantung dari kandungannya. Biasanya masker jenis ini terbuat dari buah, tanaman, atau bahan alami lainnya. Untuk itu, pelajari terlebih dahulu kandungan dari bahan yang hendak Anda jadikan masker sebelum mengolahnya. 

Masker gel

Masker gel kerap kali dijadikan sebagai sleeping mask oleh banyak orang. Hal ini karena masker gel mudah menyerap sehingga terasa nyaman walau dibawa tidur. Sementara itu, penggunaan sleeping mask boleh dilakukan setiap hari untuk individu yang tidak memiliki keluhan pada kulit wajah.

Namun bagi Anda yang memiliki keluhan kulit kusam atau flek, penggunaan sleeping mask disarankan hanya digunakan dua kali per minggu. Selain sleeping mask, kulit juga membutuhkan krim malam untuk mengatasi masalah ini.

(Foto: elle.com)

YesDok Ads