0 Point
Keputihan Bau

Ini Jawaban Kenapa Keputihan Berbau Tidak Sedap?

Keputihan yang berbau mungkin terjadi akibat adanya infeksi atau masalah kesehatan lainnya.

Beberapa jenis keputihan masih termasuk normal, dan bahkan bisa melindungi vagina. Keputihan yang sehat biasanya berwarna bening atau putih dan tidak memiliki bau yang menyengat.

Perubahan warna, bau, atau konsistensi keputihan terkadang dapat mengindikasikan adanya masalah. Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa menyebabkan keputihan berbau tidak sedap, yakni:

Sariawan pada vagina

Sariawan adalah infeksi jamur yang umum. Dalam kebanyakan kasus, sariawan di vagina merupakan akibat dari pertumbuhan berlebih jamur Candida albicans. Jamur ini biasanya hidup di dalam tubuh tanpa menyebabkan masalah, namun ada faktor-faktor tertentu yang membuatnya berkembang biak tanpa terkendali.

Beberapa orang yang memiliki sariawan pada vagina tidak mengalami gejala. Namun jika gejala berkembang, maka beberapa hal yang akan terjadi yakni:

  • Vagina gatal dan iritasi
  • Keputihan berwarna kuning atau kehijauan dan berbau tidak sedap
  • Nyeri dan perih saat berhubungan seksual atau buang air kecil

Infeksi menular seksual (IMS)

Beberapa IMS menyebabkan keluarnya cairan asing yang berbau dari alat kelamin, salah satu IMS yang bisa menyebabkan keputihan berbau tidak sedap adalah klamidia. Klamidia adalah infeksi bakteri menular seksual yang mana biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun. Namun, beberapa wanita dengan klamidia mungkin mengalami:

  • Keputihan yang tidak biasa dengan bau yang sangat menyengat
  • Ketidaknyamanan saat berhubungan seksual atau buang air kecil
  • Gatal atau iritasi genital
  • Sakit perut

(Foto: elitedaily.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2021 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok