Ini Hal-Hal Luar Biasa yang Bisa Dilakukan Hati Anda

March 24, 2022 | Claudia

Hati

Ada banyak organ vital yang dimiliki oleh tubuh, salah satunya adalah hati. Organ hati terletak pada rongga perut bagian atas, yakni tepatnya di bawah rusuk sebelah kanan.

Ada banyak sekali hal-hal mencengangkan yang ternyata dimiliki oleh organ hati kita, apa saja?

Hati merupakan salah satu organ terbesar 

Tahukah Anda, hati merupakan salah satu organ terbesar yang dimiliki oleh tubuh. Ukuran hati hampir sebesar bola rugby, dengan berat sekitar 1,5 kg. Hati terdiri dari dua bagian yaitu kanan dan kiri. Bagian kanan hepar berukuran lebih besar enam kali dari lobus kiri.

Hati Anda ternyata multitasking!

Segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh harus melintasi hati, dan hati juga memproduksi zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Hati mengubah protein, lemak, dan karbohidrat menjadi energi atau zat yang dapat disimpan dalam tubuh, kemudian mengirimkan sisanya dalam bentuk empedu.

Hati juga bekerja memonitor gula darah dan mengirimkan simpanan glukosa ke dalam darah yang akan berfungsi ketika kadar gula darah rendah. Hati juga dapat menyaring alkohol dan produk sampingan dari obat-obatan dalam darah dan menghancurkan juga menghilangkannya.

Hati bahkan bertugas menyimpan vitamin dan mineral, dan melepaskannya ke sistem tubuh ketika diperlukan. Hati juga memainkan peran utama dalam memproduksi protein penting untuk pembekuan darah, juga menghilangkan sel-sel tua yang sudah rusak di dalam tubuh.

Ternyata banyak sekali, ya, kerja yang dilakukan oleh organ hati kita!

Anda tidak perlu mendetoks hati

Hati merupakan organ utama yang menjaga tubuh tetap berfungsi dengan baik. Hal ini membuat orang-orang percaya bahwa hati harus dijaga dengan membuang racun-racun di dalamnya. Sebenarnya, hati justru dirancang untuk melakukan hal itu, sehingga Anda tidak perlu melakukan detoksifikasi

Organ hati bisa tumbuh kembali!

Betapa menakjubkannya organ hati. Tahukah Anda, bila ada bagian atau jaringan hati yang rusak, atau jika Anda mendonorkan sebagian organ hati Anda untuk orang lain, hati bisa tumbuh dengan sendirinya menggantikan bagian yang rusak atau hilang. Begitu mencapai ukuran normal, fungsi hati akan sama seperti sebelumnya. Keren!

(Foto: bioscience.lonza.com)

YesDok Ads