Ini Gejala dan Faktor Risiko Melanoma Mata

November 19, 2020 | Claudia

Melanoma mata

Melanoma merupakan jenis kanker yang tak hanya memengaruhi kulit, tapi juga bisa memengaruhi mata. Kanker ini biasanya memengaruhi uvea, yakni bagian putih mata atau sklera dan bagian belakang mata yang menangkap cahaya atau retina.

Melanoma mata berkembang di sel penghasil pigmen yang memberi warna pada mata. Jika kanker bermula di mata, maka ini disebut kanker mata primer. Namun, jika melanoma mata dimulai dari tempat lain pada tubuh lalu menyebar ke mata, ini disebut kanker mata sekunder.

Melanoma mata biasanya merupakan kanker sekunder, artinya, kaner ini bermula di lokasi lain dari tubuh lalu kemudian menyebar ke mata. Faktanya, sekitar 9 dari 10 melanoma mata dimulai dari kulit.

Beberapa orang dengan melanoma mata mungkin tidak mengalami gejala sama sekali. Beberapa orang mengalami penglihatan kabur, atau melihat bintik hitam pada bidang penglihatan mereka. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa gejala yang mungkin muncul pada melanoma mata:

  • Bintik gelap pada iris yang bisa berkembang
  • Mata berair
  • Penglihatan Kabur
  • Kehilangan penglihatan tepi
  • Muncul bintik atau garis yang menghalangi pandangan
  • Perubahan bentuk pupil
  • Muncul sensasi seperti melihat kilatan cahaya

Meski belum diketahui secara persis apa yang menyebabkan melanoma mata, para ilmuwan di bidang kesehatan telah menemukan hubungan antara kanker mata dan beberapa perubahan genetik. Tapi, masih belum jelas di mana tepatnya perubahan ini terjadi.

Ada beberapa faktor yang bisa mengembangkan risiko seseorang mengalami melanoma mata, seperti:

Warna mata

YesDok Ads

Orang dengan warna mata biru atau hijau, memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami melanoma mata dibandingkan orang dengan mata cokelat.

Paparan sinar ultraviolet

Paparan sinar UV dapat meningkatkan risiko melanoma konjungtiva. Ini merupakan melanoma yang terjadi di permukaan mata.

Etnis

Orang kulit putih lebih mungkin mengalami melanoma mata dibandingkan orang kulit gelap.

(Foto: jandsvision.com)

YesDok Ads