Ini Gejala Awal dari Penyakit Monkeypox

May 30, 2022 | Helmi

Ilustrasi cacar

Kondisi langka yang disebut monkeypox telah dikonfirmasi di Amerika Serikat dan Eropa, dengan lebih banyak kasus yang dicurigai sudah terjadi di seluruh dunia. 

Monkeypox adalah virus yang berasal dari hewan, dan biasa terjadi di Afrika Barat dan Tengah. Meskipun biasanya terbatas pada hewan, seperti yang telah ditunjukkan oleh wabah sebelumnya, penyakit ini juga dapat menular ke manusia.

“Ini adalah virus yang termasuk dalam kelompok yang sama dengan virus cacar; namun, ini adalah bentuk yang jauh lebih ringan dan tidak terlalu mematikan,” kata Dr. William Schaffner, pakar penyakit menular di Vanderbilt University Medical Center di Tennessee.

Monkeypox juga memiliki gejala awal yang bisa menjadi perhatian atau pertanda seseorang  terpapar penyakit tersebut.

Gejala yang muncul lebih dulu

Gejala awal cacar monyet adalah saluran pernapasan atas atau seperti flu. Namun, mereka tidak muncul hingga dua minggu setelah seseorang terinfeksi.

YesDok Ads

“Jika Anda terpapar dan terinfeksi virus, ia memiliki masa inkubasi yang sangat lama – dan begitu masuk ke dalam tubuh, ia akan mempengaruhi organ dalam terlebih dahulu,” jelas Schaffner.

Dia melanjutkan, “Gejala-gejala ini termasuk demam yang sangat menonjol, sakit dan nyeri tubuh, sakit kepala, dan kelelahan.”

Saat tubuh melawan gejala ini, limfadenopati, atau pembesaran kelenjar getah bening, muncul setelah gejala awal.

Gejala ini kemudian berkembang menjadi ruam yang sering ditemukan di tangan, kaki, wajah, mulut, atau bahkan alat kelamin. Ruam ini berubah menjadi benjolan yang menonjol atau papula merah berisi nanah yang menyakitkan.

Dr. Jeremey Walker, asisten profesor di Universitas Alabama di Divisi Penyakit Menular Birmingham, menjelaskan bahwa "penyakit ini sering berlangsung 2-4 minggu" dan biasanya mengharuskan menghindari kontak dekat dengan orang lain untuk membatasi dan mencegah penyebaran.

YesDok Ads