Ini Faktor yang Membuat Seseorang Lebih Rentan Alami Kanker Kulit

May 02, 2022 | Claudia

Kanker Kulit

Kanker kulit juga menjadi salah satu penyakit yang harus diwaspadai semua orang. Mengetahui gejalanya sejak dini, dan mencari pertolongan medis lebih cepat, akan sangat baik untuk mencegah kondisi kanker menjadi terlalu buruk.

Selain mengenali gejala, mengenali faktor-faktor apa saja yang bisa membuat seseorang lebih rentan mengalami kanker kulit juga penting. Ini bisa membuat seseorang mengambil langkah pasti yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker kulit.

Berikut ini merupakan beberapa faktor risiko kanker kulit:

Keturunan

Beberapa penyakit seperti diabetes atau hemofilia, dapat diturunkan. Tidak semua jenis kanker berasal dari faktor keturunan, namun kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang berasal dari faktor keturunan. Penelitian menunjukkan bahwa, jika ada salah satu anggota keluarga yang memiliki kanker kulit, kemungkinan untuk anggota keluarga lain terkena kanker kulit bisa mencapai 50%.

YesDok Ads

Kulit cerah

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang dengan kulit cerah lebih rentan untuk terkena kanker kulit, dibandingkan dengan orang-orang dengan kulit lebih gelap. Ini karena kulit yang cerah memiliki jumlah melanin yang lebih sedikit. Melanin dikenal dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Oleh karena itu, jika Anda berkulit cerah, Anda harus melakukan perlindungan ekstra untuk kulit Anda. jangan pernah lupakan tabir surya!

Terlalu sering naik pesawat terbang

Jika Anda merupakan seseorang yang sering bepergian dengan menggunakan transportasi pesawat terbang, kemungkinan Anda untuk terkena kanker kulit menjadi lebih tinggi. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2014 yang dilakukan di University of California, orang yang sering “terbang”, termasuk awak pesawat terbang, memiliki risiko kanker kulit lebih tinggi. Ini karena paparan sinar UV dari matahari akan jauh lebih dekat ketika Anda berada di ketinggian, yang dalam hal ini adalah berada di dalam pesawat.

(Foto: oulu.fi)

YesDok Ads