Ini Efek yang Disebabkan Darah Tinggi pada Tubuh Anda

November 21, 2022 | Helmi

efek darah tinggi

Tekanan darah tinggi adalah kondisi umum yang mempengaruhi arteri tubuh, biasa disebut juga sebagai hipertensi. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, kekuatan darah yang mendorong dinding arteri secara konsisten terlalu tinggi. Jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah.

Tekanan darah diukur dalam milimeter air raksa (mm Hg). Secara umum, hipertensi adalah pembacaan tekanan darah 130/80 mm Hg atau lebih tinggi.

Tekanan darah yang lebih tinggi dari 180/120 mm Hg dianggap darurat atau krisis hipertensi. Cari bantuan medis darurat untuk siapa pun dengan angka tekanan darah ini.

Jika tidak diobati, tekanan darah tinggi meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan masalah kesehatan serius lainnya.

Kebiasaan gaya hidup sehat — seperti tidak merokok, berolahraga, dan makan dengan baik — dapat membantu mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi. Berikut ini adalah sejumlah efek dari darah tinggi pada tubuh Anda.

Kerusakan Arteri

Arteri Anda harus kuat, kenyal, dan halus untuk mengalirkan darah dengan mudah dari jantung dan paru-paru ke organ dan jaringan lain. Tekanan darah tinggi, atau HBP, menekan dinding arteri Anda terlalu keras. Ini merusak bagian dalam dan menyebabkan lemak, atau "plak" terkumpul. 

Plak itu membuat arteri Anda lebih kaku dan sempit, sehingga tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik.

Aneurisma

Saat itulah tekanan mendorong keluar bagian dari dinding arteri dan melemahkannya. Jika pecah, bisa berdarah ke tubuh Anda, dan itu bisa serius. Itu mungkin terjadi di arteri mana pun, tetapi aneurisma paling sering terjadi di aorta Anda, yang mengalir di bagian tengah tubuh Anda. 

Jika Anda memiliki arteri yang rusak, Anda bisa terkena aneurisma meskipun Anda tidak memiliki tekanan darah tinggi.

YesDok Ads

Penyakit Arteri Koroner (CAD)

CAD terjadi ketika plak menumpuk di arteri yang dekat dengan jantung Anda. Ini memperlambat aliran darah, yang dapat menyebabkan nyeri dada atau irama jantung yang aneh (disebut aritmia). Penyumbatan total dapat menyebabkan serangan jantung.

Serangan jantung

Ketika cukup banyak plak yang terbentuk, atau gumpalannya terlepas, untuk sepenuhnya memblokir arteri ke jantung Anda, itu dapat menyebabkan serangan jantung. Penyumbatan membuat otot jantung kekurangan oksigen dan nutrisi. Itu bisa menyakiti atau menghancurkannya.

Anda biasanya merasakan tekanan atau nyeri di dada, tetapi terkadang juga di lengan, leher, atau rahang. Mungkin sulit bernapas, dan Anda bisa pusing atau mual.

Penyakit Arteri Perifer (PAD)

PAD seperti CAD, tetapi memengaruhi pembuluh darah yang jauh dari jantung, seperti yang ada di lengan, kaki, kepala, atau perut. Anda mungkin mengalami nyeri atau kram di kaki, sering kali saat berjalan atau menaiki tangga. Itu juga bisa membuat Anda lelah.

Rasa sakit bisa hilang saat Anda beristirahat dan kembali saat Anda bergerak. Jika tidak diobati, PAD dapat menimbulkan masalah yang lebih serius seperti stroke, maag, dan hilangnya sirkulasi di kaki Anda, yang dapat menyebabkan amputasi.

Gagal jantung

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan arteri Anda menyempit. Seiring waktu, itu bisa membuat jantung Anda bekerja lebih keras dan menjadi lebih lemah. Akhirnya, menjadi sangat lemah sehingga tidak dapat memasok cukup darah ke seluruh tubuh. Ini adalah gagal jantung.

YesDok Ads