Ini Dia Kebaikan Jeruk Nipis yang Wajib Diketahui

March 07, 2020 | Aqiyu

Jeruk nipis

Jeruk nipis selalu diandalkan baik dalam dunia kesehatan maupun kecantikan. Buah kecil berwarna hijau ini memiliki manfaat yang luar biasa dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan jeruk manis.

Meski rasanya asam, Anda akan memilih mengonsumsinya secara rutin setelah mengetahui manfaatnya dan berdampak baik ke tubuh. Berikut kebaikan jeruk nipis bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui:

Kesehatan kulit

Jeruk nipis merupakan bahan alami yang biasanya terdapat dalam produk kecantikan. Karena jeruk nipis mengandung vitamin C, flavonoid, antioksidan yang memperkuat kolagen. Sehingga dapat meremajakan kulit, memperhalus kulit dan melembabkan kulit.

Menurunkan berat badan

Anda bisa menurunkan berat badan dengan rutin mengonsumsi perasan air jeruk nipis setiap hari sebelum makan. Jeruk nipis mengandung essensial oil dan asam sitrat yang mampu meningkatkan metabolisme, membakar kalori, menyimpan lebih sedikit lemak sehingga dapat mengontrol berat badan.

Melawan infeksi

YesDok Ads

Jeruk nipis mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta memerangi infeksi dan mempersingkat waktu atau durasi dari suatu penyakit. Jus jeruk nipis sangat cocok dikonsumsi saat musim hujan dimana risiko terjangkit infeksi lebih tinggi.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Segala macam kandungan pada jeruk nipis sangat baik dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan magnesium dan potasium baik bagi kesehatan jantung. Selain itu, kalium pada jeruk nipis dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Serta kandungan senyawa limonin pada jeruk nipis dapat mengurangi kadar kolestrol.

Mencegah kanker

Jeruk nipis kaya akan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas dan pertumbuhan sel abnormal yang memicu kanker. Jeruk nipis dapat meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan memperkuat sistem kekabalam tubuh. Serta mencegah kerusakan yang disebabkan oleh bahan kimia yang merusak sel.

(Foto: organics facts) 

YesDok Ads