Ini Dia Ciri-Ciri Kuku Sehat

February 27, 2022 | Aqiyu

kuku sehat

Kebersihan diri sangat erat kaitannya dengan kesehatan tubuh. Salah satu bagian tubuh yang wajib dijaga kebersihannya adalah kuku tangan. Apalagi dalam kegiatan sehari-hari kuku tangan bisa menjadi bagian paling kotor karena tangan banyak menyentuh barang.

Kuku merupakan bagian tubuh manusia yang tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel miri gel lembut yang mati, mengeras, memiliki pori-pori dan terbentuk saat mulai tumbuh. Fungsi kuku untuk melindungi dari kotoran, melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata 0,5-1,5 mm, 4 kali lebih cepat dari kuku kaki.

Bagaimana ciri-ciri kuku yang sehat?

Warna kuku merah muda atau ungu muda

Ciri-ciri kuku sehat bisa dilihat dari warna kuku yang cenderung berwarna merah muda atau ungu muda (mauve). Warna merah muda atau ungu ini berasal dari jaringan yang ada di bawahnya atau bantalan kuku. Saat kuku ditekan maka warna tersebut akan menghilang namun akan Kembali dengan cepat ke warna awal dengan cepat. Hal ini menunjukkan bahwa tubuh terhidrasi dengan baik dan aliran darah ke jaringan baik.

Kuku tidak mudah rapuh

Kuku yang kuat dan tidak mudah rapuh adalah tanda bahwa kuku Anda sehat. Biasanya kuku akan terasa rapuh saat terlalu lama terendam air. Namun, pada kondisi kuku yang mudah rapuh disebut juga onycholysis.

Tidak terjadi pembengkakan di Kuku

Tidak adanya pembengkakan di bagian lipatan kuku mengindikasikan kuku Anda sehat. Adanya pembengkakan bagian ini merupakan tanda infeksi, adanya gangguan pada jaringan ikat hingga pertanda penyakit lupus.

Bentuk kuku tidak melengkung

Bentuk kuku yang sehat tidak melengkung, tidak mengalami penebalan atau penipisan. Kuku yang terlalu melengkung juga bisa membuat kuku tumbuh menancap pada kulit.

Permukaan kuku mulus tidak bertekstur

Ciri kuku sehat yakni memiliki permukaan yang mulus dan tidak bertekstur kasar. Bila terlihat garis vertikal pada kuku itu masih terbilang normal. Namun yang tidak wajar adalah bila permukaan kuku memiliki garis horizontal atau lekukan. Hal ini bisa dikarenakan kekurangan nutrisi.

Memiliki kutikula

Kutikula adalah lapisan kulit yang berada tepat di di pangkal kuku. Kutikula pada kuku memiliki peran yang penting. Sehingga menghilangkan kutikula pada kuku sangat tidak disarankan. Adanya kutikula menandakan kuku Anda dalam kondisi yang sehat. Kutikula ini berfungsi untuk melindungi kuku dari bakteri jamur, peradangan dan trauma.

Tidak ada garis hitam

Garis hitam pada kuku menandakan adanya melanoma subungual atau jenis kanker kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

(Foto: best health magazine)

YesDok Ads