Diet
+1

Ini Cara Menyembuhkan Patah Tulang dengan Cepat

January 20, 2023 | Claudia

Cara Menyembuhkan Patah Tulang

Kondisi patah tulang dapat terjadi pada siapa saja, yang mungkin terjadi akibat kecelakaan atau cedera saat berolahraga. Seiring bertambahnya usia, patah tulang juga bisa disebabkan karena osteoporosis, jika kondisi ini terjadi, maka tulang dapat menjadi lebih lemah dan mudah patah. Adakah cara menyembuhkan patah tulang yang terbaik?

Umumnya, makanan yang kaya akan kalsium dapat membantu dalam proses penyembuhan patah tulang. Kalsium, seng, dan magnesium merupakan sederet nutrisi yang bermanfaat untuk membuat tulang menjadi lebih kuat dan dapat mencegah osteoporosis.

Saat Anda mengalami patah tulang, segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut. Sementara itu, ada juga beberapa makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi untuk membantu mempercepat penyembuhan patah tulang.

Berikut ini merupakan sederet makanan dan minuman yang direkomendasikan untuk mempercepat penyembuhan patah tulang:

Susu

Beberapa penelitian medis telah menunjukkan bahwa susu merupakan sumber protein yang tinggi. Susu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu penyembuhan dari berbagai macam penyakit. Kalsium dalam susu juga berperan penting dalam membantu penyembuhan segala jenis patah tulang. Hal ini karena kalsium dinilai dapat memperkuat tulang dan gigi Anda. Sementara itu, vitamin D dalam susu juga dapat membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang.

Brokoli

Salah satu makanan terbaik yang dapat membantu proses penyembuhan patah tulang adalah brokoli. Sayuran hijau ini merupakan salah satu sumber tinggi vitamin K, yang dapat membantu membangun massa tulang dan membantu menyembuhkan segala jenis patah tulang dengan meningkatkan proses mineralisasi tulang.

Yoghurt

Asam amino dalam yoghurt, seperti lisin dan glutamine, bertanggung jawab dalam penyerapan kalsium. Selain itu, yoghurt juga memiliki protein dan fosfor yang dapat membantu proses penyembuhan tulang yang retak.

Protein tanpa lemak

Ketika Anda mengalami patah tulang, kehilangan jaringan menjadi masalah umum yang pasti Anda hadapi. Tanpa adanya protein, regenerasi jaringan yang hilang akan sulit untuk dilakukan. Cobalah untuk memperbanyak konsumsi ikan, agar proses penyembuhan patah tulang lebih cepat dilakukan.

Berikut cara menyembuhkan patah tulang dengan konsumsi makanan atau minuman yang menyehatkan tulang.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: The Guardian)

YesDok Ads