0 Point
Kehamilan

Ini Cara Memastikan Diri Sehat dalam Merencanakan Kehamilan

Memiliki bayi bukanlah perkara hal yang mudah. Kondisi ini mungkin terasa jauh lebih rumit dari yang dibayangkan.

Ada beberapa hal lain yang harus dilakukan pasangan untuk memastikan kehamilan yang sehat. Berikut adalah daftar langkah-langkah yang harus Anda ambil untuk memastikan bahwa bayi Anda lahir sehat dan bahagia.

1. Riwayat kesehatan

Penting melakukan tes untuk mengetahui penyakit seperti diabetes, tiroid, dan hipertensi. Semua ini suatu keharusan sebelum merencanakan bayi. Sebab obat yang sudah Anda minum yang mungkin berdampak pada kehamilan. Wanita juga harus berhati-hati dengan siklus menstruasi mereka. Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat menyebabkan komplikasi saat hamil.

2. Perubahan Gaya Hidup

Berhenti merokok, minum, dan mengelola stres adalah langkah pertama dan terpenting untuk memastikan kehamilan yang bahagia. Sebelum hamil, penting untuk melepaskan faktor stres tambahan karena kehamilan itu sendiri akan membawa cukup banyak stres.

3. Vaksinasi

Mendapatkan vaksinasi terhadap virus corona dan penyakit lainnya sangat penting untuk memiliki kehamilan yang sehat. Sama pentingnya untuk melindungi ibu dan bayi dari penyakit. Wanita harus memastikan mereka divaksinasi terhadap rubella, campak dan gondong juga.

4. Pemeriksaan riwayat keluarga

Beberapa penyakit bisa berakibat fatal bagi bayi meskipun tidak ada orang tua yang memilikinya tetapi salah satunya adalah pembawa. Thalassemia adalah salah satu penyakit tersebut. Jika ada riwayat keluarga thalassemia maka pasangan perlu mengambil langkah-langkah yang diperlukan sebagai tindakan pencegahan. Jika salah satu atau kedua orang tua adalah pembawanya maka mereka perlu mendapatkan konseling genetik.

5. Masalah kesehatan reproduksi

Untuk mengetahui pilihan teraman dan paling efektif untuk pembuahan jika Anda memiliki masalah ginekologi, perlu berkonsultasi dengan ahlinya. Pada wanita dengan Sindrom ovarium polikistik (PCOS), kista ovarium, operasi fibroid atau infeksi panggul yang mungkin menyumbat saluran mereka, atau pengobatan kanker, penting untuk konsultasi sebelum melakukan program kehamilan.

Beberapa tes diagnostik selain tes darah biasa adalah penting. Kadar hemoglobin, gula darah, tiroid dan prolaktin juga perlu diuji sebelum merencanakan bayi.

(Foto: pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok