0 Point
Razor Burn

Ini Cara Atasi Luka Bakar Setelah Bercukur atau Razor Burn

Mencukur dengan pisau cukur adalah salah satu cara tercepat dan paling hemat biaya untuk menghilangkan rambut di wajah dan area tubuh. Akan tetapi, salah satu kelemahan dari mencukur adalah risiko luka bakar akibat pisau cukur.

Razor burn adalah jenis iritasi kulit yang tidak hanya tidak sedap dipandang, namun juga menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Razor burn dapat mengenai bagian tubuh mana pun yang dicukur, termasuk wajah, area kemaluan, kaki, dan ketiak. Tanda dan gejala razor burn adalah:

  • Ruam
  • Kemerahan
  • Rasa gatal
  • Pembengkakan
  • Sensasi terbakar
  • Benjolan merah kecil

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala razor burn, yakni:

Kompres dingin

Menempatkan kompres dingin pada area yang mengalami razor burn sangat membantu mengurangi rasa gatal dan peradangan. Untuk membuat kompres dingin, cukup rendam kain atau waslap bersih ke dalam air dingin, peras, kemudian tempelkan pada kulit yang terluka selama 20 menit. Ini dapat diulang sesering mungkin sampai gejala razor burn mereda. Anda juga bisa membungkus es dengan kain, waslap, atau handuk bersih untuk membuat kompres dingin.

Lidah buaya

Gel lidah buaya dapat digunakan untuk mengatasi luka bakar atau goresan. Riset menunjukkan bahwa enzim yang terkandung dalam tanaman lidah buaya dapat mengurangi peradangan ketika dioleskan ke kulit.

Seseorang yang ingin menggunakan gel lidah buaya dapat mengambil langsung dari daun lidah buaya segar dan mengoleskannya pada kulit yang terluka, atau menggunakan produk lidah buaya yang sudah tersedia di pasaran.

Antibiotik jika terjadi infeksi

Razor burn sering disertai benjolan. Biasanya razor burn dapat sembuh tanpa komplikasi, namun, ada juga kemungkinan infeksi. Jika benjolan tampak terinfeksi dengan menunjukkan bintik putih atau berisi nanah, atau menjadi lunak dan nyeri saat disentuh, maka sebaiknya Anda memeriksakannya ke dokter. Pengobatan dengan antibiotik mungkin diperlukan.

(Foto: cremocompany.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2021 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok