Ini Berbagai Macam Efek Bahaya dari Merokok

June 25, 2019 | Iman

Penggunaan tembakau atau merokok membunuh hampir 6 juta orang di seluruh dunia setiap tahun. Menurut Survei Kesehatan Keluarga Nasional (NFHS-3) yang dilakukan pada 2005-2006, penggunaan tembakau lebih umum ditemukan pada pria dan orang miskin.

Merokok membuat seseorang rentan terhadap penyakit kardiovaskular. Menurut lembar fakta Organisasi Kesehatan Dunia 2018, penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian daripada gangguan kesehatan lainnya  seperti HIV, penggunaan narkoba, konsumsi alkohol, dan kecelakaan.

Berikut Efek buruk bagi Kesehatan Dari Merokok seperti dilansir laman Boldsky.

1.Memengaruhi seksualitas dan sistem reproduksi

Kandungan Nikotin yang ada dalam rokok dapat mengganggu aliran darah ke area genital pada pria dan wanita, sehingga menurunkan kinerja seksual dan menyebabkan disfungsi seksual. Sementara Menurut American Cancer Society, merokok jugamerusak sistem reproduksi wanita yang meningkatkan kemungkinan keguguran, bayi dengan bibir sumbing dan bayi berat lahir rendah.

2. Menyebabkan penyakit jantung

Merokok dapat merusak jantung dan pembuluh darah Anda dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Menurut sebuah penelitian, merokok adalah penyebab utama penyakit jantung koroner, yang dapat menyebabkan serangan jantung.

3. Merusak paru-paru

Penyakit paru-paru seperti penyakit paru obstruktif kronik, bronkitis kronis, emfisema sangat umum terjadi pada perokok, selain itu, merokok jugamenyebabkan kanker paru-paru pada pria dan wanita.

YesDok Ads

4. Penyebab kanker

Merokok dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker seperti hati, mulut, ginjal, rahim, kerongkongan, pankreas, lambung, kandung kemih, dan usus besar  atau rectum.

5. Meningkatkan risiko diabetes tipe 2

Merokok ternyata memiliki efek negatif pada kadar insulin yang membuatnya lebih mungkin mengembangkan resistensi insulin dan membuatAnda memiliki risiko terkena diabetes tipe 2.

6. Menyebabkan disfungsi ereksi

Kandungan Nikotin dalam merokok dapat mengganggu aliran darah di area genital pria dan juga menyempitkan pembuluh darah yang menyebabkan disfungsi ereksi.

7. Menyebabkan hilangnya nafsu makan.

Merokok juga ternyata bisa berdampak pada nafsu makan karena merokok menurunkan indera perasa Anda, hal ini membuat Anda cenderung memilikikebiasaan makan yang buruk.

8. Menyebabkan penuaan dini

Zat nikotin dalam rokok bisa membatasi aliran darah wajah yang membuat kulit tidak mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga menyebabkan kulit kering dan penuaan dini.

(Foto: baocalitoday.com)

YesDok Ads