0 Point
Humidifier

Ini Beberapa Cara Terbebas dari Sinusitis

Sinus adalah rongga berisi udara yang mengelilingi hidung. Sinus terdapat di area dahi, pipi, dan dekat mata. Ketika sinus bersih, lendir akan dengan mudah mengalir dari hidung untuk membersihkan kotoran dan bakteri.

Infeksi sinus bisa terjadi ketika lendir terperangkap di dalam sinus, memungkinkan virus, bakteri, atau jamur tumbuh lebih mudah dan kemudian menginfeksi. Infeksi sinus dapat menyebabkan gejala yang menyakitkan.

Ada beberapa pengobatan rumahan yang dapat membantu seseorang mengatasi infeksi sinus, namun sangat disarankan untuk mengambil pengobatan medis terlebih dahulu, kemudian konsultasikan dengan dokter jika Anda juga ingin melakukan pengobatan rumahan ini. Berikut beberapa pengobatan sinusitis yang bisa Anda coba:

Penggunaan humidifier

Untuk menambah kelembapan udara, gunakan humidifier di rumah Anda. Kelembapan udara yang terjaga dengan baik dapat membantu mengencerkan lendir, dan membantunya mengalir lebih mudah, sehingga akan mencegah hidung mampet atau tersumbat akibat penumpukan lendir.

Inhalasi uap

Meskipun belum ada cukup bukti bahwa menghirup uap dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk infeksi sinus, namun beberapa orang menemukan bahwa ini bisa membantu meringankan gejala infeksi sinus. Untuk menggunakan inhalasi uap, rebuslah air hingga mendidih. Setelah mendidih, dekatkan wajah Anda ke atas panci lalu letakkan handuk di atas kepala Anda untuk menahan uap. Hirup dalam-dalam uap yang dihasilkan oleh air mendidih.

Anda juga bisa menambah satu atau dua tetes minyak esensial seperti minyak kayu putih ke dalam air. Minyak kayu putih memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi.

Istirahat

Saat mengalami infeksi sinus, istirahatlah sebanyak mungkin. Istirahat dapat membantu tubuh pulih, dan memberikan energi untuk kembali melawan infeksi. Tinggal di rumah saja dan beristirahat juga dapat membantu mencegah penularan infeksi ke orang lain.

Hidrasi tubuh

Meminum banyak air putih dapat membantu seseorang untuk tetap terhidrasi. Ini juga membantu mengencerkan lendir dan mencegah hidung tersumbat. Selain air putih, Anda juga bisa menjaga hidrasi tubuh dengan cara:

  • Meminum air panas dengan campuran air perasan lemon, madu, atau jahe
  • Teh herbal
  • Kaldu atau kuah sup dan sayur lainnya

(Foto: verywellhealth.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok