Ini Bahayanya Si Kecil Sembarangan Makan Manis

November 20, 2022 | Aqiyu

Ini Bahayanya Si Kecil Sembarangan Makan Manis

Sebagian besar anak kecil menyukai makanan manis. Sebenarnya tidak ada larangan untuk si kecil mengonsumsi makanan manis. Namun, para orang tua wajib memerhatikan asupan gula harian dari makanan atau minuman manis yang dimakan oleh si kecil. Karena jika si kecil sembarangan mengonsumsi makanan manis akan sangat berbahaya bagi kesehatannya.

Anda dapat memberikan makanan manis yang menyehatkan untuk dikonsumsi oleh si kecil. Misalnya buah-buahan atau pun Anda dapat membuatkan camilan manis yang sehat. Dengan begitu, si kecil akan terhindar dari gangguan kesehatan akibat makanan manis. Berikut ini bahaya yang mengintai si kecil jika sembarang mengonsumsi makanan manis:

Obesitas

Gula merupakan zat yang rendah nutrisi namun tinggi kalori. Jika si kecil dibiarkan mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula maka kalori tersebut dapat menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas. Anak yang semasa kecilnya mengalami obesitas maka berat badannya bisa tidak terkontrol hingga dewasa nanti. 

Risiko pembusukan gigi

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika makanan manis menjadi salah satu penyebab terjadinya kerusakan gigi. Karena sisa-sisa gula akan menumpuk pada gigi dan bercampur dengan bakteri dalam mulut. Jika tidak benar-benar dibersihkan saat menggosok gigi dampaknya dapat terjadi pembusukan gigi dan kerusakan yang permanen.

Menurunkan kemampuan belajar

YesDok Ads

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa anak yang banyak mengonsumsi makanan manis cenderung memiliki tinggi kecerdasan yang rendah. Bahkan terlalu sering mengonsumsi gula bisa menurunkan kemampuan belajar anak baik secara fisik maupun kata-kata.

Gangguan perilaku

Bahaya dari mengonsumsi makanan manis terlalu banyak adalah memengaruhi gangguang perilaku anak. Anak akan cenderung hiperaktif, dimana hiperaktif merupakan kondisi anak mengalami peningkatan gerak.

Memicu rasa candu

Semakin sering si kecil mengonsumsi makanan manis atau yang tinggi gula maka dapat meningkatkan rasa candu atau ketagihan. Membuat si kecil ingin mengonsumsi makanan manis dan menjadi pemilih pada makanan.

(Foto: your care everywhere)

YesDok Ads