Ini Bahaya Terlalu Banyak Mengunyah Permen Karet

March 28, 2020 | Claudia

Permen karet

Permen karet disukai oleh banyak orang. Permen ini bisa menjadi teman untuk berbagai situasi. Namun masih terjadi perdebatan, apakah mengunyah permen karet berbahaya atau bermanfaat bagi kesehatan?

Mengunyah permen karet yang mengandung gula sebenarnya dapat meningkatkan risiko Anda mengalami masalah gigi. Namun, permen karet bebas gula juga tidak sepenuhnya aman. Ini karena permen karet bebas gula juga mengandung pemanis yang disebut xylitol yang buruk bagi kesehatan. 

Memang, boleh-boleh saja jika Anda suka mengunyah permen karet, namun pastikan Anda tetap membatasinya agar tidak berlebihan. Karena jika sampai berlebihan, berikut bahaya yang bisa mengancam Anda:

Merusak gigi

Mengunyah permen karet terlalu banyak dapat merusak gigi Anda. Kandungan gula yang ada dalam permen karet dapat menyebabkan kerusakan gigi. Di sisi lain, perasa asam dan pengawet dalam permen karet dapat menyebabkan erosi gigi dan bahkan gigi berlubang.

Sakit kepala

Mengunyah permen karet terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan, karena gerakan rahang yang konstan memberikan tekanan pada pelipis. Ini lama-kelamaan bisa menyebabkan sakit kepala. Kondisi ini juga terkait dengan migrain.

Gastrointestinal

Mengunyah permen karet menyebabkan seseorang menelan udara berlebih, yang menyebabkan sakit perut dan kembung. Oleh karena itu, saat mengunyah permen karet, disarankan untuk tidak membuka mulut terlalu sering.

YesDok Ads

Gangguan rahang

Mengunyah permen karet dapat menyebabkan gangguan rahang seperti gangguan sendi rahang (TMJ), yang merupakan masalah kronis. Mengunyah permen karet dalam waktu lama juga menyebabkan ketidakseimbangan otot rahang, yang dapat menyebabkan sakit telinga dan sakit kepala.

Obesitas

Mengunyah permen karet terkait dengan obesitas. Beberapa orang menganggap mengunyah permen karet dapat membantu mengusir rasa lapar. Tetapi, menurut penelitian, mengunyah permen karet memiliki efek yang dapat membuat seseorang merasa lebih lapar, dan oleh karena itu, ia malah akan lebih banyak mengonsumsi makanan khususnya makanan kecil atau camilan yang tidak sehat seperti keripik dan permen daripada buah-buahan dan sayuran segar yang sehat. Ini bisa membuat lidah terasa pahit usai mengunyah permen karet.

Menghambat metabolisme

Mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur untuk waktu yang sangat lama, yang pada gilirannya menghilangkan fungsi metabolisme. Ini adalah salah satu alasan mengapa terlalu banyak mengunyah permen karet tidak baik untuk kesehatan.

Memengaruhi janin

Mengunyah permen karet tidak disarankan untuk wanita hamil, karena mengandung bahan sintetis yang dapat memengaruhi pertumbuhan janin. Mengunyah permen karet juga tidak disarankan untuk anak-anak.

(Foto: en.brilio.net)

YesDok Ads