Ini Bahaya Menggunakan Sabun Mandi di Wajah

November 15, 2019 | Claudia

Membersihkan wajah dua kali dalam sehari memang disarankan, ini guna mengangkat seluruh kotoran di wajah Anda. Kotoran yang dibiarkan terus berada di wajah, bisa menyebabkan penyumbatan pori yang berujung pada berbagai masalah di kulit termasuk jerawat.

Tapi, tetap saja Anda harus memerhatikan produk apa yang Anda gunakan untuk membersihkan wajah Anda. Sabun khusus wajah harus digunakan dua kali sehari, untuk mengangkat kotoran dan sisa-sisa makeup di wajah. Anda tidak boleh menggunakan sabun mandi untuk wajah Anda, karena kandungan dalam sabun mandi dan sabun wajah berbeda, dan ini bisa membahayakan kulit wajah Anda.

Sabun mandi mengandung bahan kimia yang disebut sodium lauryl sulphate, dan ini bisa menyebabkan masalah jika digunakan pada wajah Anda. Selain itu, sabun juga mengandung bahan kimia lain, seperti soda api, pewangi buatan, pengawet, dan lain-lain, yang dapat menyebabkan kerusakan lebih pada kulit wajah.

Kulit wajah kita lebih sensitif dan mudah terinfeksi oleh zat-zat kimia. Oleh karena itu, Anda perlu sangat cermat dalam memilih produk perawatan untuk kulit wajah Anda. Memakai sabun mandi sudah jelas bukan pilihan yang tepat, karena akan menyebabkan banyak masalah di wajah Anda.

Berikut ini merupakan beberapa efek berbahaya jika Anda memakai sabun mandi untuk wajah Anda:

Memengaruhi kesehatan kulit

Sering menggunakan sabun batangan akan membersihkan lipid alami pada kulit. Lipid alami ini berfungsi untuk melindungi kulit dari infeksi. Hilangnya lipid tentu akan mengundang bakteri dan infeksi virus pada kulit juga akan memengaruhi kekebalan kulit Anda.

YesDok Ads

Membuat kulit kering

Menggunakan sabun mandi pada wajah Anda memang dapat membantu membersihkan kotoran yang menempel, namun tentu ada efek samping yang menyertai. Sabun akan menghilangkan minyak alami pada kulit dan ini akan membuat kulit terlihat lebih tipis dan pada akhirnya mengelupas. Penggunaan sabun mandi untuk kulit wajah bahkan akan menyebabkan keriput datang lebih cepat.

Mengganggu keseimbangan pH kulit

Beberapa sabun dapat mengganggu keseimbangan pH pada kulit. Keseimbangan pH sangat penting, karena dapat membantu menjauhkan kulit dari bakteri dan segala jenis infeksi. Kadar pH yang seimbang juga mencegah kulit menjadi kering dan bersisik.

Merusak kulit

Sabun mengandung bahan kimia yang keras dan berbahaya bagi kulit. Karena kulit di wajah sangat lembut dan sensitif, penggunaan sabun yang salah secara rutin akan merusak minyak alami di kulit wajah, sehingga akan membuatnya terlihat kusam dan kering.

(Foto: allure.com)

YesDok Ads