Ini Bagian Tubuh Paling Kotor yang Jarang Disadari

November 26, 2019 | Claudia

Menjaga kebersihan tubuh merupakan hal penting yang harus dilakukan. Tubuh yang bersih akan mengantarkan Anda pada kesehatan tubuh yang terjaga dengan baik. Sayangnya, tanpa sadar ada beberapa bagian tubuh paling kotor yang sering terabaikan oleh kita.

Sadarkah Anda bahwa banyak bagian tubuh kita yang ternyata kotor dan menyimpan banyak bakteri? Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Dental Medicine, terdapat 615 jenis bakteri yang dapat ditemukan dalam mulut, lidah, dan tenggorokan manusia. Ini menjadikan ketiga bagian tubuh ini sebagai tempat paling kotor di tubuh manusia.

Selain itu, tanpa disadari kuku-kuku jari Anda pun juga menyimpan banyak bakteri. Bahkan juga terdapat banyak bakteri yang berdiam di mata kita, sehingga juga menjadikannya sebagai salah satu bagian tubuh yang tidak higienis.

Berikut ini merupakan beberapa bagian tubuh paling kotor yang harus Anda perhatikan dan jaga kebersihannya:

Pusar

Pernahkah Anda memerhatikan pusar Anda? Tanpa disadari, pusar menjadi salah satu tempat paling kotor pada tubuh manusia, karena terdapat lebih dari satu ton bakteri yang tidak dapat telihat secara kasat mata.

Wajah

Wajah memang terlihat bersih dari luar, akan tetapi banyak orang tak sadar bahwa banyak bakteri dari ponsel pintar yang berpindah ke wajah kita saat kita tengah menelepon.  Bakteri ini dapat mengendap di wajah, dan akan menyebabkan masalah jika terakumulasi dengan kotoran, polusi, keringat, makeup, dan sebum berlebih.

Kuku

Kuku kita juga menjadi salah satu tempat terkotor yang menyimpan banyak bakteri. Bagian kulit bawah kuku, merupakan tempat ternyaman bagi bakteri untuk tinggal dan berkembang biak. Jika Anda malas membersihkannya, ini bisa menyebabkan infeksi.

Telinga

YesDok Ads

Kebanyakan dari kita berupaya untuk membersihkan telinga dari kotoran dengan menggunakan cotton bud. Padahal, hal ini tidak disarankan, karena akan membuat kotoran semakin terdorong ke dalam dan kapas dari cotton bud juga bisa menyangkut di dalam telinga. Telinga kita memiliki minyak lilin, yang berfungsi untuk membantu mencegah mikroorganisme masuk ke dalam telinga. Menumpuknya minyak lilin inilah yang kemudian sering disebut dengan kotoran telinga oleh banyak orang. Tapi, telinga kita sebenarnya bisa membersihkan dirinya sendiri, sehingga Anda tak perlu menyentuh dan berupaya membersihkannya baik dengan jari atau cotton bud.

Anus

Terdapat ribuan lebih jenis bakteri jahat di saluran pencernaan, yang akhirnya akan keluar melalui anus. Sudah terbayang bukan betapa kotornya anus Anda?

Mulut

Para peneliti dari Harvard School of Dental Medicine telah menemukan, bahwa ada lebih dari 615 jenis bakteri berbeda tinggal dalam mulut kita. Oleh karena itu, membersihkan mulut dua kali sehari secara rutin dengan berkumur dan menyikatnya akan sangat baik untuk melindungi mulut dari bakteri jahat.

Hidung

Bagian dalam hidung kita kerap terasa gatal. Meski begitu, Anda sebaiknya tidak menggaruknya karena ini akan menyebabkan lapisan hidung bagian dalam menjadi terluka atau bahkan robek, dan menyebabkan infeksi.

Mata

Anda pasti terkejut saat mengetahui bahwa mata juga menjadi salah satu bagian tubuh yang kotor. Bakteri kerap tinggal di sudut mata kita. Selain itu, bulu mata kita juga menjadi bagian yang paling kotor, karena memang bertugas menyaring kotoran agar tidak masuk ke dalam mata. Jangan menyentuh area mata Anda dengan tangan telanjang. Ini bisa menyebabkan bakteri dari tangan berpindah ke mata, sehingga menyebabkan sejumlah masalah seperti infeksi bakteri.

(Foto: Zhng Cai Zhang/EyeEm)

YesDok Ads