Diet
+1

Ini Alasan Vitamin C Baik untuk Diet

June 29, 2019 | Dina

Apa yang dibicarakan tentang vitamin C? Vitamin yang juga dikenal sebagai asam askorbat adalah vitamin esensial yang dikemas dengan antioksidan yang memainkan peran penting dalam tubuh. Jadi, berapa banyak yang kita butuhkan setiap hari, bagaimana kita mendapatkannya dan apakah suplemen vitamin C benar-benar berfungsi? Yesdok mengutip dari NetDoctor.uk yang telah berbicara dengan Sophie Medlin, ahli diet terdaftar dan pemilik di City Dietitians tentang peran penting vitamin C dan bagaimana memastikan Anda mendapatkan manfaat yang maksimal:

Apa itu vitamin C?
Vitamin C secara alami hadir dalam makanan tertentu. Muncul dengan banyak manfaat kesehatan, tetapi Anda perlu makan makanan yang tepat untuk memastikan Anda mencapai kuota harian Anda.

"Vitamin C adalah vitamin antioksidan yang larut dalam air yang ditemukan dalam banyak makanan,' kata Medlin. 'Manusia tidak dapat membuat vitamin C sehingga sangat penting bagi kita untuk mendapatkannya dari makanan kita," jelasnya.

Mengapa kita membutuhkan vitamin C?
Vitamin C memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh. "Ini penting untuk produksi kolagen, sinyal kimia di otak kita dan metabolisme protein. Vitamin C juga merupakan antioksidan penting, yang artinya dapat menetralisir kerusakan sel, yang dapat berkontribusi untuk mencegah penyakit seperti beberapa kanker dan penyakit jantung. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi nabati," kata Medlin.

Vitamin C terlibat dalam proses berikut dalam tubuh:

✔️ Melindungi sel dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

✔️ Membantu tubuh untuk mensintesis kolagen, yang diperlukan dalam struktur dan fungsi jaringan ikat, seperti kulit dan tulang.

✔️ Mempertahankan struktur dan fungsi normal pembuluh darah dan fungsi neurologis.

YesDok Ads

✔️ Meningkatkan penyerapan zat besi dari sumber tanaman di usus.

Apa yang terjadi jika kita tidak mendapatkan cukup vitamin C?
Kekurangan vitamin C yang parah dapat menyebabkan penyakit kudis, tetapi kecuali jika Anda seorang pelaut yang berencana menghabiskan enam bulan atau lebih di laut, itu tidak mungkin menjadi alasan untuk dikhawatirkan.

"Kekurangan vitamin C jarang terjadi di masyarakat modern,' jelas Medlin. 'Ini pertama kali terlihat pada pelaut yang tidak memiliki akses ke makanan segar di laut. Kondisi yang disebabkannya dikenal sebagai penyakit kudis dan menyebabkan kelelahan dan kelemahan jaringan ikat seperti gusi yang menyebabkan kehilangan gigi dan ligamen kita menyebabkan masalah persendian," ungkapnya.

Apakah suplemen vitamin C bekerja?
Anda bisa mendapatkan semua vitamin C yang Anda butuhkan dari diet seimbang yang sehat. "Suplemen tidak layak untuk kebanyakan orang. Tetapi suplemen telah terbukti memperpendek pilek, jadi minumlah jus buah atau minum suplemen jika Anda flu," terangnya.
Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi suplemen vitamin C, minumlah tidak lebih dari 1000 mg sehari. Menurut NHS, wanita hamil atau menyusui disarankan diet seimbang sehat yang mengandung buah dan sayuran harus menyediakan semua vitamin C yang mereka butuhkan.
 

Bisakah Anda overdosis dengan vitamin C?
Suplemen vitamin C dianggap aman bagi kebanyakan orang ketika dikonsumsi secara oral atau topikal dengan dosis yang benar.


Apakah suplemen vitamin C memiliki efek samping?
Dosis di atas batas keamanan yang direkomendasikan di Inggris (1000 mg) dianggap mungkin tidak aman dan dapat menyebabkan efek samping, tetapi gejala ini terbalik ketika suplementasi dihentikan. Jika Anda khawatir, kunjungi dokter Anda. "Terlalu banyak vitamin C dapat menyebabkan kram perut dan diare, karena vitamin yang tidak diserap menarik air ke usus," kata Medlin.

(foto: Pexels)

YesDok Ads