Ini Alasan Tubuh Perlu Mandi Setiap Hari

March 30, 2022 | Iman

Mandi

Mandi mungkin merupakan persoalan kebersihan pribadi. Mandi menjaga diri tetap bersih sehingga membantu menangkal beberapa penyakit. Namun bagi sebagian orang mandi setiap hari mungkin tidak diperlukan.

Mandi berlebihan dapat menghilangkan bakteri sehat, membuat kulit terlihat kering, pecah-pecah, gatal dan iritasi. Semua itu tergantung kebutuhan Anda.Tetapi jika kita mengikuti saran para ahli, hanya ada tiga bagian tubuh yang perlu dibersihkan secara teratur. Berikut di antaranya.

1. Ketiak

Jika Anda banyak berkeringat, tubuh Anda akan menghasilkan bau yang tidak sedap akibat penumpukan bakteri pada kulit. Pertumbuhan bakteri paling tinggi di lipatan kulit seperti ketiak. Ketiak kotor dapat menyebabkan gatal-gatal dan peradangan. Membersihkan ketiak Anda dengan sabun dan air setiap hari akan membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhannya.

2. Selangkangan

Jika Anda memilih untuk malas mandi setiap hari, Anda tetap perlu membersihkan area selangkangan dan mengganti pakaian dalam setiap hari. Kulit dan rambut yang terlipat di sekitar alat kelamin dapat menampung jutaan bakteri berbahaya, yang menyebabkan infeksi. Hal ini juga dapat menempatkan Anda pada risiko mengembangkan penyakit serius.

YesDok Ads

3. Kaki

Kaki bagian paling diabaikan saat mandi. Padahal, kaki Anda membutuhkan perhatian lebih dari itu. Kaki adalah area di mana keringat Anda menumpuk, terutama jika Anda memakai kaus kaki sepanjang hari. Membersihkannya setiap hari dapat membantu mencegah bau tidak sedap.

Bagian lain yang tak kalah penting

Tentu saja, ketika kita mandi, kita mencoba mengoleskan sabun ke setiap bagian tubuh. Tetapi beberapa bagian tubuh memerlukan perawatan ekstra dan saat mandi, Anda perlu membersihkannya dengan benar. Berikut beberapa bagian tubuh yang dianggap sebagai tempat bersarangnya bakteri:

  • Di bawah kuku
  • Di belakang telinga
  • Pusar
  • Bagian belakang tubuh

(Foto: lifealth)

YesDok Ads