0 Point
jerawat

Ini Alasan Kenapa Jerawat Muncul Lagi Di Tempat yang Sama

Masalah kulit yang umum dialami oleh siapapun adalah jerawat. Jerawat dapat timbul lalu hilang dan kembali tumbuh bahkan ditempat yang sama. Munculnya jerawat ditempat yang sama sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor.

Kalau Anda dibuat galau karena jerawat sering kali muncul ditempat yang sama, sebaiknya Anda mengetahui penyebab kondisi ini yang agar Anda dapat melakukan langkah pencegahannya. Ini dia alasan kenapa jerawat tumbuh kembali ditempat yang sama:

Kebiasaan memencet jerawat

Kebiasaan memencet atau memecahkan jerawat sangat tidak dianjurkan. Pasalnya kebiasaan buruk ini menyebabkan jerawat kembali kambuh di tempat yang sama bahkan dapat memicu iritasi kulit yang parah. Parahnya lagi, jerawat tersebut dapat menyebar disekitar kulit berjerawat dan memperluas masalah kulit.

Adanya gesekan dengan benda yang kotor

Bila Anda merasa sudah rutin membersihkan wajah, namun jerawat tetap muncul. Sebaiknya perhatikan kembali kebersihan lingkungan sekitar. Misalnya sarung bantal yang kotor atau tangan yang tidak terjaga kebersihannya. Meskipun wajah sudah dibersihkan, namun jika adanya sentuhan atau gesekan dengan benda kotor seperti yang disebutkan sebelumnya, tetap dapat memicu munculnya jerawat.

Jerawat kista

Seperti pada umumnya penyakit, jerawat juga terdapat tingkat keparahan. Jerawat kista merupakan jerawat yang selalu muncul ditempat yang sama. Tanda jerawat kista adalah muncul dengan bengkak dan tidak muncul sendirian. Jerawat kista berkembang saat pori-pori yang berbentuk tabung panjang bercabang keluar. Hal ini menyebabkan minyak memutar dari jalurnya ke permukaan kulit. Dan ketika terjadi, minyak ini membentuk balon di bawah kulit wajah. Struktur kulit ikut berubah saat mengalami jerawat kista. 

Efek penggunaan produk rambut

Menggunakan produk rambut yang ternyata tidak cocok dengan kulit dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat timbul lagi ditempat yang sama. Begitu juga efek dari penggunaan produk kecantikan untuk perawatan kulit wajah. Untuk mencegah jerawat membandel, pilihlah produk perawatan yang tidak mengandung bahan keras atau kimia.

Perubahan hormon

Jerawat juga bisa muncul saat Anda sedang menstruasi. Menstruasi menyebabkan perubahan hormon, dimana kelenjar minyak di bagian wajah menjadi lebih sensitif terhadap hormon dari biasanya. Untuk mencegah jerawat semakin parah saat menstruasi, Anda dapat membersihkan wajah yang mengandung asam  salisilat sebelum menstruasi agar mencegah minyak yang berlebihan.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok