Diet
+1

Ini Alasan Kenapa Buah Naga Cocok Untuk Diet

November 13, 2021 | Aqiyu

Buah naga

Mengonsumsi buah-buahan saat diet sangat disarankan. Apalagi ada beberapa buah-buahan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Salah satunya adalah buah naga. Berikut ini alasan kenapa buah naga cocok untuk diet.

Menurut seorang ahli diet, buah naga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang diet vegetarian. Buah naga mengandung 0 gram lemak, 102 kalori, 22 gram karbohidrat, 2 gram protein, 5 gram serat, 100 IU vitamin A, 4 mg vitamin C, 31 mg kalsium, 0,1 mg zat besi dan 68 mg magnesium. Adapun deretan manfaat buah naga untuk diet adalah:

Rendah kalori

Dalam 100 gr buah naga hanya mengandung sekitar 60 kalori dan jumlah tersebut termasuk rendah. Kandungan kalori tersebut berasal dari karbohidrat. Selain itu, buah naga juga mengandung air yang tinggi sehingga dapat membuat tubuh terhidrasi dan melancarkan pencernaan.

Tinggi antioksidan

Siapa sangka jika ternyata buah naga memiliki antioksidan yang tinggi seperti flavonoid, asam fenolik dan betacyanin. Dimana kandungan tersebut adalah zat alami yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Bahkan kandungan vitamin C pada buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi sel darah putih dari kerusakan.

Kaya akan serat

YesDok Ads

Makanan berserat dapat membantu melancarkan pencernaan. Begitu juga pada buah naga yang bebas lemak dan tinggi serat. Buah naga juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Itu kenapa buah naga cocok dijadikan selingan atau camilan sehat saat diet.

Tinggi zat besi

Zat besi dalam tubuh berperan penting untuk mengangkut oksigen keseluruh tubuh. Sehingga bermanfaat untuk memecah makanan menjadi sumber energi. Dalam satu porsi buah naga dapat menyumbang sekitar 8 persen zat besi cukup untuk memenuhi asupan zat besi harian.

Prebiotik yang tinggi

menurut penelitian, terdapat setidaknya 400 mikroorganisme dalam tubuh yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Kandungan prebiotik pada buah naga dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus dan mencegah gangguan kesehatan pada pencernaan.

(Foto: prevention)

YesDok Ads