Ini Alasan Kenapa Anda Sebaiknya Tak Minum Kopi Saat Haid

October 12, 2022 | Claudia

Minum Kopi Saat Haid

Kopi mungkin sudah menjadi minuman favorit banyak orang, tapi tahukah Anda bahwa sebaiknya Anda tak minum kopi saat haid? 

Minum kopi saat haid atau mengonsumsi makanan dan minuman berkafein lain saat haid, bisa memengaruhi gejala yang muncul selama periode haid atau menstruasi.

Kafein dibutuhkan oleh banyak orang untuk tetap waspada, sehingga mereka bisa melakukan aktivitas dengan baik, tanpa terganggu rasa kantuk. Sayangnya, kafein bisa memengaruhi kondisi tubuh Anda saat sedang haid. Terlebih jika Anda memang memiliki sensitivitas yang cukup tinggi terhadap kafein.

Ada beberapa efek samping yang mungkin timbul ketika Anda minum kopi saat haid, seperti:

Perut kembung

Rasa asam yang dimiliki kopi dapat menyebabkan perut kembung, dan juga berisiko meningkatkan asam lambung. Saat asam lambung naik, maka ini bisa menyebabkan berbagai masalah atau gangguan pencernaan, seperti mual, sensasi panas di ulu hati, dan perut terasa penuh.

Gejala bisa menjadi tambah parah, ketika Anda minum kopi dalam kondisi perut kososng. Gejala-gejala yang muncul bisa membuat Anda merasa tidak nyaman, terutama ketika Anda juga tengah dalam kondisi haid.

Nyeri haid semakin parah

Setiap bulannya, banyak wanita terganggu akan nyeri haid, yang berkisar mulai dari ringan hingga parah. Minum kopi saat haid, berpotensi memperparah rasa sakit yang terjadi saat haid.

YesDok Ads

Ini karena kafein dapat menyempitkan pembuluh darah, sehingga aliran darah di seluruh tubuh bisa terhambat. Saat aliran darah ke otot rahim perut terhambat, ini akan memotong suplai oksigen pula ke area tubuh itu, akibatnya, rasa sakit dan keram perut saat menstruasi menjadi semakin parah.

Tak hanya ke otot rahim, aliran darah dan oksigen ke otak juga bisa terhambat, dan ini bisa menyebabkan Anda mengalami sakit kepala yang tak tertahankan.

Menyebabkan kurang tidur 

Untuk mengatasi sejumlah gejala yang muncul baik saat premenstrual syndrome (PMS) atau saat sedang menstruasi, maka istirahat yang cukup bisa menjadi kunci. Namun, ketika Anda minum kopi saat haid, ini bisa menyebabkan Anda tetap waspada gara-gara efek stimulan yang berasal dari kopi. Akibatnya, Anda menjadi sulit tidur dan kurang istirahat, dan ketika hal ini terjadi, maka nyeri haid dan sejumlah keluhan lain yang biasa muncul saat haid bisa menjadi lebih parah.

Menyebabkan cemas dan mood yang buruk

Alasan terakhir mengapa Anda sebaiknya tidak minum kopi saat haid adalah, karena ini bisa membuat mood atau suasana hati Anda menjadi buruk, dan bahkan membuat Anda merasa lebih cemas atau gelisah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Women’s Health menemukan bahwa wanita yang sering minum kopi saat haid, cenderung memiliki mood yang buruk dan lebih mudah terserang cemas.

(Foto: marthastewart.com)

YesDok Ads