Ini Alasan Kenapa Anda Dilarang Makan Sambil Berdiri

November 19, 2022 | Aqiyu

Ini Alasan Kenapa Anda Dilarang Makan Sambil Berdiri

Pada dasarnya makan sangat disarankan dengan kondisi duduk. Jarang ada orang yang makan sambil berdiri kecuali pemandangan ini kita jumpai saat menghadiri pernikahan. Meski terlihat sepele, sebenarnya makan sambal berdiri ini bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

Makan sambil berdiri dapat membuat nutrisi makanan yang masuk ke tubuh tidak terserap dengan baik. Kenapa? Karena makan sambil berdiri membuat lambung tidak memiliki banyak waktu dalam memecah zat-zat makanan. Akibatnya, nutrisi yang dicerna dan diserap oleh usus tidak maksimal. Selain itu, tubuh menjadi kekurangan nutrisi yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Adapun gangguan kesehatan tubuh yang akan dialami jika tubuh kekurangan nutrisi. Berupa malnutrisi, malabsorbsi, anemia, skorbut, kekurangan zat besi, kekurangan yodium, kekurangan vitamin D, vitamin B12, kalsium dan vitamin A.

Sementara itu, dampak buruk makan sambil berdiri bagi kesehatan sebagai berikut:

Tersedak

Makan sambil berdiri apalagi saat Anda buru-buru maka dapat membuat Anda tersedak. Jangan meremehkan kondisi tersedak karena dapat memicu komplikasi yang membahayakan kesehatan bahkan mengancam jiwa. 

Menyebabkan perut kembung

Perut kembung dapat terjadi akibat makan sambil berdiri. Hal ini bisa terjadi akibat asupan karbohidrat yang masuk ke tubuh tidak dicerna. Orang yang mengalami perut kembung karena makan sambil berdiri adalah orang yang intoleran laktosa.

YesDok Ads

Gangguan sistem pencernaan

Lambung dapat kosong lebih cepat saat Anda makan sambil berdiri dibandingkan makan saat duduk. Kemungkinan besar hal ini adanya kaitan dengan gravitasi. Dimana usus tidak dapat bekerja optimal dalam menyerap makanan dan membuat Anda mudah lapar.

Merusak ginjal

Makan sambil berdiri membuat makanan tidak mengalami proses penghancuran secara normal oleh organ pencernaan. Pada akhirnya, penyerapan nutrisi menjadi terhambat dan ginjal bekerja keras untuk mengolah air untuk proses penghancuran makanan. Inilah yang memicu kerusakan ginjal.

Makan berlebihan

Meskipun berdiri dapat membakar kalori dalam tubuh Anda daripada duduk, namun Anda tidak dianjurkan untuk makan sambil berdiri. Makan sambil berdiri mendorong seseorang untuk makan berlebihan karena menjadi mudah lapar.

(Foto: quora)

YesDok Ads