Ini Alasan Bayi Tidak Boleh Diselimuti

October 17, 2021 | Aqiyu

selimut bayi

Bagi orang tua baru tentu akan mempertanyakan bagaimana kebiasaan bayi tidur. Misalnya apakah bayi cukup tidur atau tidak, jam berapa bayi sebaiknya tidur hingga apakah boleh bayi diberikan selimut saat tidur. Pada umumnya, memberikan selimut pada bayi bertujuan untuk menghangatkan tubuh bayi agar tidur lebih nyenyak. Namun nyatanya memberikan selimut pada bayi bisa membahayakan kesehatannya.

Menurut beberapa penelitian , memberikan selimut pada bayi ternyata sangat berbahaya. Salah satunya adalah meningkatkan risiko kematian mendadak atau dikenal dengan SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) hingga lima kali lipat. Pemakaian selimut direkomendasikan dapat diberikan pada anak saat usai mereka 12 bulan. Sebab, pada usia tersebut, anak sudah bisa mengontrol motorik tangan dan kaki. Sehingga dapat mencegah selimut menutupi wajahnya.

Pemilihan jenis selimut juga jangan diabaikan . pilihlah selimut yang tipis dan terbuat dari bahan katun. Saat memberikan selimut bayi cukup menaruhnya sampai area dada dan hindari menyelimuti baju hingga bahu. Jika tidak ingin menggunakan selimut untuk melindungi anak dari udara dingin, Anda dapat memberikan baju panjang yang hangat.

Untuk bayi baru  lahir, alternative selimut bayi adalah membedong bayi. Cara ini efektif untuk memberikan suhu hangat pada tubuh bayi seperti saat berada dalam kandungan. Berikan selimut juga sesuai dengan kebutuhannya dan kondisi sekitarnya. Jika saat ruangan terasa panas, sebaiknya jangan menyelimuti bayi. Bahkan saat tidur perhatikan pula kondisi kasur, usahakan kasur tidak dipenuhi dengan barang-barang yang membahayakan bayi.

YesDok Ads

Sebenarnya American Academy of Pediatric (AAP) menyarankan orang tua untuk menempatkan bayi mereka tidur di kasur tanpa selimut, bantal, boneka atau benda lainnya. Tempat tidur yang polos lebih aman untuk bayi.

Sementara itu, untuk diketahui bahwa perbedaan daya tahan bayi dengan orang dewasa terhadap udara dingin adalah sekitar lima derajat celcius dan sebaliknya terhadap udara panas. Jika pada suhu 20 derajat celcius orang dewasa sudah merasa kedinginan, hal tersebut belum tentu dirasakan oleh bayi karena yang terasa hanya 25 derajat celcius.

(Foto: westchester health)

YesDok Ads