0 Point
Manfaat olahraga bulu tangkis

Ini 6 Manfaat Olahraga Bulu Tangkis, Tertarik Mencoba?

Jika ingin hidup lebih sehat, maka berolahraga harus dilakukan. Bermain bulu tangkis bisa menjadi pilihan, karena selain menyenangkan, manfaat olahraga bulu tangkis bagi kesehatan pun patut dipertimbangkan.

Manfaat olahraga bulu tangkis terbukti tidak hanya untuk kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental. Pengalaman menyenangkan bermain bersama keluarga atau teman-teman tersayang, akan membuat pikiran kita menjadi lebih segar dan suasana hati membaik.

Lebih lengkapnya, berikut manfaat olahraga bulu tangkis yang bisa Anda dapatkan jika Anda rutin melakukannya:

Meningkatkan energi

Manfaat olahraga bulu tangkis yang pertama adalah, dapat membantu meningkatkan energi dan daya tahan tubuh. Bermain bulu tangkis tiga kali dalam seminggu atau bahkan setiap hari, dapat membantu meningkatkan aktivitas aerobik Anda. Ini kemudian akan berpengaruh positif terhadap peningkatan stamina, energi, dan daya tahan tubuh.

Baik untuk kesehatan jantung

Rutin melakukan aktivitas fisik dapat meningkatkan kadar high-density lipoprotein (HDL). Hal ini berarti, rutin melakukan olahraga bulu tangkis dapat memberi manfaat terhadap penurunan risiko penyakit jantung koroner. 

Sebuah studi di tahun 2019 menemukan bahwa, bermain bulu tangkis secara teratur, dapat menunjukkan peningkatan kadar HDL pada peserta secara signifikan. Bahkan kadar HDL peserta yang melakukan olah raga bulu tangkis lebih tinggi dibandingkan peserta yang melakukan latihan aerobik lainnya.

Ini berarti, bermain bulu tangkis dapat berpengaruh baik untuk kesehatan jantung dan menjaga kadar kolesterol tetap seimbang.

Menurunkan berat badan

Anda punya masalah dengan berat badan berlebih? Melakukan defisit kalori sangat penting bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Ini artinya, tubuh harus membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Manfaat olahraga bulu tangkis selanjutnya adalah membantu tubuh membakar kalori.

Seorang atlet bulu tangkis dapat membakar lebih dari 600 kalori hanya dalam satu jam permainan bulu tangkis. Pembakaran kalori ini dapat meningkatkan metabolisme yang kemudian membantu penurunan berat badan.

Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Manfaat olahraga bulu tangkis lainnya adalah mampu meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda. Untuk dapat menangkis kok dari lawan, tak jarang kita harus melompat dan bergerak secara dinamis. Ini dapat membantu meregangkan tubuh, yang kemudian berpengaruh baik terhadap fleksibilitas tubuh secara menyeluruh.

Mempertajam refleks

Agar lawan tidak sampai mendapat poin, sebisa mungkin Anda akan terus mengejar dan menangkis kok yang datang dari arah lawan. Di saat seperti ini, refleks yang baik diperlukan, agar Anda bisa menangkis kok dengan tepat dan akurat. Manfaat olahraga bulu tangkis yang satu ini tentunya akan sangat berguna bahkan di kehidupan sehari-hari.

Meredakan stres

Stres merupakan masalah umum, terutama pada orang dewasa, yang sulit dihindari. Rutin berolahraga, termasuk bermain bulu tangkis, dapat membantu meredakan stres, dengan mengalihkan sementara pikiran Anda dari hal yang mengganggu, agar bisa fokus dalam permainan bulu tangkis. Tak hanya itu, rutin berolahraga juga meningkatkan pelepasan endorfin, yakni hormon yang bertugas menghilangkan stres dan rasa sakit. Meningkatnya endorfin juga bermanfaat bagi Anda yang punya masalah dengan kualitas tidur Anda.

(Foto: olympics.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok