Ingin Tubuh Lebih Sehat? Yuk, Bersepeda!

May 01, 2019 | Claudia

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa berolahraga akan membuat tubuh Anda tetap sehat, segar dan bugar. Inilah mengapa sangat dianjurkan bagi Anda untuk berolahraga secara rutin agar dapat menjaga kesehatan tubuh Anda dengan baik.

Salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan ialah bersepeda. Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan, terlebih jika dilakukan bersama orang-orang tersayang. Tak hanya menyenangkan, bersepeda tentunya juga membawa banyak manfaat.

Banyak yang mengatakan, bahwa bersepeda dapat melindungi tubuh Anda dari sejumlah penyakit, seperti obesitas, gangguan mental, diabetes, penyakit jantung, bahkan kanker. Maka jangan heran, kalau mulai banyak orang yang kembali memilih bersepeda sebagai pilihan moda transportasi mereka sehari-hari, baik itu hanya untuk berkeliling kompleks atau bahkan menuju ke kantor.

Bagi Anda yang belum juga percaya apa saja manfaat bersepeda, berikut kami sajikan informasi lebih banyak untuk Anda:

Menjauhkan stres

Stres merupakan masalah umum yang banyak menimpa sebagian besar orang dewasa. Jika Anda tak ingin terganggu oleh stres, maka ada baiknya untuk mencoba bersepeda setiap hari. Bersepeda dapat membantu melawan stres, depresi serta rasa cemas dalam diri Anda. Hal ini karena bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan dan membawa efek positif untuk tubuh.

Meningkatkan kesehatan jantung

YesDok Ads

Ketika bersepeda, jantung berdetak lebih cepat dari kecepatan normal. Hal ini karena darah terpompa lebih cepat dan dapat meningkatkan kondisi kesehatan jantung. Orang-orang yang bersepeda setiap hari cenderung akan terhindar dari tekanan darah tinggi.

Menguatkan otot dan tulang

Kegiatan mengayuh dalam bersepeda dapat memperkuat otot-otot kaki juga persendian baik di pinggul maupun di tumit. Bersepeda juga dapat mengencangkan otot lengan dan secara keseluruhan meningkatkan fungsi otot tubuh.

Meningkatkan kinerja otak

Bersepeda setiap hari juga dapat meningkatkan memori Anda. Bersepeda dapat membantu membangun sel-sel di dalam hippocampus yang merupakan wilayah yang bertanggung jawab atas memori di otak Anda. Tak hanya itu, dengan bersepeda aliran darah dalam tubuh juga akan meningkat sehingga tubuh lebih mudah untuk mengedarkan oksigen menuju ke sel-sel otak yang pada akhirnya dapat menangkal penyakit Alzheimer.

(Foto: redbull.com)

YesDok Ads