Ingin Pencernaan Lancar? Konsumsi Makanan Kaya Serat Berikut Ini

January 31, 2022 | Helmi

serat

Penelitian menunjukkan mendapatkan cukup serat penting untuk kesehatan pencernaan, gula darah yang stabil, dan pencegahan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. 

Makanan kaya serat juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuat Anda kenyang setelah makan.

Untuk menuai manfaatnya, FDA merekomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 28 gram serat per hari (atau antara 21-38 gram, tergantung pada kebutuhan kalori Anda secara keseluruhan).

Berikut ini adalah berbagai pilihan makanan kaya serat yang bisa Anda konsumsi sebagai makanan sehari-hari.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian menyediakan banyak nutrisi, termasuk banyak serat yang baik untuk pencernaan dan tubuh secara keseluruhan.

“Kacang dulunya dianggap tidak sehat, tetapi itu adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda masukkan ke dalam mulut Anda,” kata ahli endokrinologi anak Dr. Robert Lustig.

Selain almond, pistachio, kacang pinus, atau pecan, biji chia menghasilkan serat paling banyak, dengan 35% dari rekomendasi harian Anda dalam dua sendok makan.

Biji rami dan labu juga menyediakan porsi serat yang besar, dengan rekomendasi harian masing-masing 28% dan 19%, per satu ons porsi.

Brokoli dan kubis

YesDok Ads

Sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kubis, mengandung banyak vitamin A dan C serta polifenol, senyawa tanaman dengan manfaat antioksidan yang sehat.

Masing-masing rata-rata mengandung sekitar lima gram serat per cangkir, jadi memasukkannya ke dalam salad atau tumisan akan membantu Anda memenuhi rekomendasi serat harian.

Untuk bonus probiotik tambahan, pertimbangkan sayuran versi fermentasi tradisional seperti asinan kubis dan kimchi.

Roti

Tergantung pada topping dan persiapannya, roti bisa menjadi sumber serat yang bermanfaat dan cocok untuk diet sehat.

Namun, jenis roti yang Anda pilih membuat perbedaan. Roti putih sangat diproses, menghilangkan tekstur serta nutrisi. Sebaliknya pilih roti gandum utuh dan gandum utuh mempertahankan lebih banyak serat dari tumbuhan tempat mereka dibuat, serta vitamin dan mineral.

Selain itu, roti yang dibuat dengan menggunakan fermentasi, dapat memberikan lebih banyak manfaat, karena prosesnya memecah nutrisi agar lebih mudah dicerna.

Rempah rempah

Selain bisa memberikan rasa yang lebih kuat, rempah-rempah seperti ketumbar, sage, dan peterseli juga merupakan cara yang lezat untuk memasukkan sedikit serat ekstra ke dalam makanan.

Sementara bumbu dan rempah-rempah umumnya digunakan dalam jumlah kecil, yang tidak mengandung banyak serat atau vitamin saja, mereka dapat membantu meningkatkan profil nutrisi keseluruhan dari diet Anda.

YesDok Ads