Ingin Menyapih Anak? Perhatikan Hal Penting Ini

December 10, 2022 | Aqiyu

Menyapih Anak

Makanan yang paling baik dan aman untuk bayi adalah ASI. Setelah melahirkan, bayi direkomendasikan mendapatkan ASI eksklusif hingga usia 6 bulan hingga 2 tahun. Setelah itu, anak akan berhenti menyusu dengan sendirinya ataupun melalui cara disapih.

Memberikan ASI selama dua tahun telah terbukti menjadikan bayi lebih sehat karena ASI mengandung zat kekebalan yang akan melindungi bayi dari berbagai penyakit. ASI juga dapat meningkatkan kecerdasan, kekebalan daya tubuh bayi hingga meningkatkan jalinan kasih sayang antara ibu dan anak. Lalu, bagaimana jika si kecil tetap menyusui lebih dari dua tahun?

Sebenarnya tidak ada larangan untuk memberikan ASI hingga tiga tahun. Namun perlu diketahui bahwa nutrisi ASI tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak ANda yang berusia 3 tahun lebih. Karena kebutuhan nutrisi Anda usia tersebut berbeda dengan bayi baru lahir. Itu kenapa, pada usia enam bulan, bayi berhak mendapatkan MPASI dan ibu dapat menyapih si kecil setelah berusia dua tahun.

Menyapih adalah waktu anak mulai belajar mengonsumsi makanan padat seutuhnya tanpa tambahan ASI lagi. Tidak ada patokan usia tertentu kapan anak bisa disapih. Namun dianjurkan batas usia menyusui maksimal sampai 3 tahun. Sebelum menyapih, Anda harus mengetahui tanda-tanda anak siap disapih. Diantaranya, sudah tertarik dengan makanan padat, frekuensi anak untuk minta menyusu sudah jarang dan sudah bisa duduk tegak.

Menyapih juga dapat mempengaruhi perkembangan anak. Jika pada tahapan ini dapat dilewati dengan baik maka bayi dapat menumbuhkan rasa percaya pada lingkungan. Dampak positifnya anak merasa dicintai, diperhatikan dan menumbuhkan rasa sosial sehingga dirinya merasa aman dan berani untuk eksplorasi. Namun jika gagal maka anak dapat memiliki perasaan tidak percaya. 

Pastikan Anda menyapih anak secara bertahap agar anak tidak merasa kaget dengan perubahan tersebut. Anak dibiasakan untuk tidak diberikan ASI seperti sebelumnya. Hal ini guna untuk mencegah dampak buruk yang ditimbulkan karena perubahan kebiasaan tersebut. Beberapa hal penting juga harus diperhatikan oleh orang tua saat ingin menyapih si kecil. Seperti harus benar-benar diniatkan, musyawarah dengan suami, komunikasi yang baik dengan anak dan anak harus disapih dalam kondisi sehat.

Berikut adalah tips untuk ibu yang ingin menyapih anak-anaknya. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan ibu dan anak Anda, dengan dokter spesialis anak di aplikasi YesDok.

(Foto: baby center)

YesDok Ads