Ingin Memperkuat Daya Ingat Anda?Lakukan Hal Ini

August 19, 2019 | Kaifia

Terkadang tidak dapat dipungkiri bahwa kita semua pernah mengalami kekeliruan dalam mengingat hal dari besar ke sekecil apapun, seperti melupakan nama orang atau melalaikan pekerjaan ringan.  Memiliki ingatan yang lemah bisa mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Berbagai faktor memainkan peran dalam kehilangan ingatan, seperti faktor genetik, usia, dan kondisi medis yang memengaruhi cara kerja otak. Selain itu, diet dan pola hidup buruk juga menjadi faktor berisiko kehilangan memori.

Jangan khawatir dulu! Masih ada banyak cara untuk memperkuat dan meningkatkan kemampuan daya ingat Anda.

Lakukan pelatihan otak

Ada banyak kegiatan pelatihan otak online yang dapat membantu meningkatkan daya ingat seseorang.

Dalam cara yang mirip dengan otot, otak perlu digunakan secara teratur untuk tetap sehat. Latihan mental sama pentingnya dengan materi abu-abu seperti faktor-faktor lain, dan menantang pikiran dapat membantunya tumbuh dan berkembang, yang dapat meningkatkan daya ingat.

Olahraga

Latihan fisik memiliki dampak langsung pada kesehatan otak. Seperti yang ditulis oleh penulis penelitian dalam Journal of Exercise Rehabilitation, olahraga teratur mengurangi risiko penurunan kognitif seiring bertambahnya usia dan melindungi otak terhadap degenerasi.

Hasil studi tahun 2017 menunjukkan bahwa latihan aerobik dapat meningkatkan fungsi memori pada orang dengan penyakit Alzheimer dini. Latihan aerobik meningkatkan detak jantung seseorang dan dapat mencakup semua aktivitas ini:

  • Jalan cepat

    YesDok Ads

  • Berlari

  • Hiking

  • Renang

  • Tarian

Kurangi mengonsumsi makanan manis

Menghindari gula tambahan dapat membantu memerangi risiko ini. Sementara makanan manis alami, seperti buah-buahan, merupakan tambahan yang baik untuk diet sehat, orang dapat menghindari minuman yang dimaniskan dengan gula dan makanan dengan tambahan, gula olahan.

Tidur cukup

Tidur sangat penting untuk kesehatan otak secara keseluruhan. Siklus tidur yang tidak teratur dapat menyebabkan gangguan kognitif, karena ini mengganggu proses yang digunakan otak untuk mengingat.

Tidur cukup sekitar 7-9 jam semalam untuk orang dewasa, membantu otak membuat dan menyimpan ingatan jangka panjang.

(Foto: fcconline.org)

YesDok Ads