Ingin Membuat Tato? Begini Cara Perawatannya

July 05, 2019 | Helmi

Tato sudah menjadi lifestyle saat ini. Tempat pembuatan tato pun sudah banyak tersebar. Proses membuatnya memang tak begitu sulit, namun proses perawatannya yang ternyata membutuhkan perhatian serius.

Proses penyembuhan dari pembuatan tato biasanya berlangsung sekitar 2 minggu dan Anda harus sangat berhati-hati selama periode ini. Perawatan tato memastikan bahwa tato Anda sembuh dengan baik dan tidak terinfeksi.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk merawat tato Anda dengan benar.

Jangan Lepas Perban

Setelah proses pembuatan tato selesai, tato baru biasanya akan dioleskan salep antibakteri dan menutupinya dengan perban. Perban ini seharusnya melindungi tato dan kulit Anda selama sekitar 3 jam.

Tahan keinginan Anda untuk melihat tato yang sudah dibuat, jangan lepaskan perban sebelum waktunya habis. Jika perban dilepas bisa mengganggu proses penyembuhan tato yang baru saja dilakukan dan berpotensi terpapar bakteri yang tersebar di udara.

Bersihkan Dengan Lembut

Setelah Anda melepas perban, gunakan sabun antibakteri dan air hangat untuk membersihkan tato dengan lembut. Jangan menggosok tato dengan kasar. Jangan gunakan handuk atau kain untuk mengeringkan tato Anda. Gunakan tisu atau handuk kertas. Kemudian tepuk perlahan sampai kering, jangan digosok.

Biarkan Tato Bernafas

YesDok Ads

Jangan menutupi tato Anda lagi dengan perban. Selama beberapa hari, Anda harus sangat berhati-hati dengan tato Anda. Pastikan tato Anda bersih dan tidak menggesek apa pun dan ekstra hati-hati saat Anda tidur. Tetapi biarkan kulit Anda bernafas agar sembuh dengan benar.

Gunakan Tangan yang Bersih Untuk Menyentuh Tato

Selama hari-hari berikutnya, tato Anda perlu dibersihkan secara teratur. Pastikan Anda membersihkan tangan dengan benar sebelum menyentuh tato dan area di sekitarnya. Ketika kulit menjadi sensitif, ia rentan terhadap infeksi dan alergi sehingga Anda harus ekstra hati-hati.

Hindari Pakaian Ketat

Hindari pakaian ketat yang terus-menerus bergesekan dengan tato baru Anda. Gesekan terus-menerus yang disebabkan oleh ini akan menghambat proses penyembuhan dan membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif. Jadi, disarankan agar Anda menghindari pakaian ketat selama minimal 2 minggu setelah selesai membuat tato.

Hindari Paparan Terhadap Sinar Matahari

Paparan sinar matahari langsung pada tato sangat tidak disarankan. Anda perlu melindungi kulit tato Anda dari sinar matahari langsung selama 2 minggu setelah tato selesai. Tidak hanya paparan sinar matahari yang merusak kulit tetapi juga memudarkan tato Anda. Anda dapat menutupi tato Anda saat pergi keluar. Oleskan juga tabir surya sebelum melangkah keluar beraktivitas.

(Foto: Cuded.com)

YesDok Ads