Diet
+1

Ingin Hentikan Kebiasaan Ngemil? Coba Tips Ini

August 18, 2021 | Claudia

Ngemil

Siapa yang selalu merasa bahwa menurunkan berat badan adalah hal tersulit untuk dilakukan? Semua hal perlu perjuangan, termasuk menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan harus didasari dengan niat dan komitmen yang kuat, karena jika tidak, Anda akan kesulitan untuk mencapai berat badan ideal Anda.

Ngemil merupakan salah satu kegiatan yang disukai banyak orang. Sambil mengobrol, sambil nonton tv, sambil bekerja, dan lain-lain, tak lengkap rasanya jika tidak ditemani camilan. Namun jika ingin menurunkan berat badan, maka Anda harus sadar, bahwa camilan bisa jadi penghambat Anda untuk mendapat berat badan ideal.

Tak ada yang melarang Anda untuk ngemil, namun, cobalah untuk beralih ke camilan yang sehat. Berikut ini kami rekomendasikan kepada Anda beberapa camilan sehat yang bisa membantu menurunkan berat badan Anda.

Jangan ngemil kue kering, pilihlah dark chocolate 

Makanan manis seperti kue kering, juga tinggi kandungan lemak trans. Jika ini menjadi camilan Anda setiap hari, maka bersiagalah dengan kesehatan tubuh Anda. Alih-alih mengonsumsi kue kering, cobalah untuk mengonsumsi dark chocolate. Walaupun dark chocolate masih mengandung lemak, gula, dan kalori, tapi dark chocolate setidaknya lebih baik untuk dikonsumsi ketimbang kue kering. Konsumsi dark chocolate nyatanya juga baik untuk mengurangi risiko serangan jantung, stroke, atau nyeri dada.

Setop makan keripik, beralihlah ke kacang

Suka ngemil keripik kentang saat bersantai di rumah? Yuk, ubah kebiasaan lama Anda dengan mengganti keripik ke kacang.

Sekantong keripik mengandung jumlah natrium yang tinggi dan sering kali mengandung lemak tidak sehat yakni lemak jenuh dan lemak trans, yang berkontribusi terhadap penumpukan plak di dinding bagian dalam arteri Anda dan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Selain itu, karbohidrat olahan yang ditemukan dalam keripik juga dapat meningkatkan kadar gula darah.

Penelitian menunjukkan bahwa makan kacang dapat memberikan manfaat perlindungan bagi jantung. Akan tetapi, kacang juga mengandung tinggi kalori, oleh sebab itu pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang sedang dan terkendali. Beberapa pilihan kacang terbaik untuk camilan adalah almond, kenari, dan kacang mete.

Jangan lagi minum soda, coba minum teh atau kopi

Sulit memang menolak kesegaran minuman bersoda, sayang, mengonsumsinya secara berlebihan bisa berakibat celaka untuk kesehatan tubuh Anda. Mengonsumsi minuman bersoda secara terus-menerus dapat meningkatkan risiko diabetes, obesitas, penumpukan lemak pada organ hati, dan sindrom metabolik. Diet soda juga bukan solusi, malah terlalu sering minum diet soda juga dapat meningkatkan risiko sindrom metabolik dan stroke.

Untuk itu, setop meminum minuman bersoda dan beralihlah ke teh hijau atau kopi hitam. Penelitian menunjukkan bahwa kopi dan teh kaya akan antioksidan yang baik untuk jantung dan membantu menurunkan kadar kolesterol. Batasi konsumsi kopi dan teh hanya 2-3 cangkir per hari dan pastikan Anda tidak menambahkan terlalu banyak gula ke dalamnya.

(Foto: sparkpeople.com)

YesDok Ads