Ingin Gigi Senantiasa Sehat dan Kuat? Ini Tipsnya

March 19, 2022 | Claudia

Gigi Sehat

Jika Anda meninginkan gigi yang sehat dan kuat, maka rutin sikat gigi saja tidak cukup. Ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan, agar gigi Anda tetap terjaga kesehatan dan kekuatannya, bahkan saat usia Anda terus bertambah.

Berikut ini tips menjaga kesehatan dan kekuatan gigi:

Sikat gigi dua kali sehari

Ini merupakan syarat wajib jika ingin memiliki gigi yang sehat dan kuat. American Dental Association memberikan rekomendasi untuk menyikat gigi dua kali sehari dengan sikat gigi berbulu lembut. Dan jangan lupa untuk mengganti sikat gigi Anda setiap 3–4 bulan sekali.

Flossing gigi

Sama halnya seperti menyikat gigi, flossing juga dapat mencegah gigi berlubang serta menghilangkan plak. Flossing dapat menjangkau area yang sulit dibersihkan dengan sikat gigi, sehingga sisa-sisa makanan dan akumulasi plak yang menyangkut di sela-sela gigi bisa dibersihkan dengan baik.

Pilih pasta gigi yang tepat

YesDok Ads

Untuk dapat memilih mana pasta gigi yang tepat untuk Anda, penting untuk mengetahui kebutuhan gigi Anda. Misalnya, jika Anda memiliki gigi sensitif, maka pilihlah pasta gigi khusus sehingga akan memberikan bantuan untuk masalah yang dialami gigi Anda.

Mengurangi konsumsi gula

Diet yang sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi. Mengurangi konsumsi makanan atau minuman manis sangat disarankan untuk menjaga kesehatan gigi. Ketika bakteri dalam mulut memecah gula, bakteri-bakteri ini menghasilkan asam kuat yang dapat mengikis enamel gigi dan pada akhirnya membuka peluang untuk membusukkan gigi.

Rutin mengunjungi dokter gigi

Sebagian besar masalah kesehatan gigi tidak menimbulkan gejala apapun hingga penyakit ini berkembang ke tahap selanjutnya. Inilah mengapa Anda perlu mengunjungi dokter gigi paling 3–6 bulan sekali, untuk mendeteksi lebih dini, apakah ada masalah pada gigi dan mulut Anda.

(Foto: childrensdentaldallas.com)

YesDok Ads