Ingin Cepat Tidur Lelap? Coba Beberapa Tips Berikut Ini

August 12, 2020 | Helmi

tidur

Tidur yang nyenyak sangatlah penting. Ini membantu Anda merasa baik dan membuat tubuh dan otak Anda berfungsi dengan baik.

Tidur yang buruk dapat berdampak negatif pada banyak bagian tubuh dan otak Anda, termasuk belajar, ingatan, suasana hati, emosi, dan berbagai fungsi biologis.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba terapkan agar bisa lekas tertidur di malam hari dan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Turunkan suhunya

Suhu tubuh Anda berubah saat Anda tertidur. Tubuh Anda menjadi dingin saat Anda berbaring dan melakukan pemanasan saat Anda bangun.

Jika ruangan Anda terlalu hangat, Anda mungkin akan sulit tidur. Mengatur suhu ruangan Anda agar menjadi sejuk antara 15,6–19,4 ° C akan sangat membantu.

Mandi juga bisa membantu mempercepat perubahan suhu tubuh. Saat tubuh Anda mendingin setelahnya, ini dapat mengirim sinyal ke otak Anda untuk tidur

Buat jadwal

Banyak orang merasa bahwa mengatur jadwal tidur membantu mereka lebih mudah tertidur.

Tubuh Anda memiliki sistem pengaturannya sendiri yang disebut ritme sirkadian. Jam internal ini memberi isyarat pada tubuh Anda untuk merasa waspada di siang hari tetapi mengantuk di malam hari.

Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu jam internal Anda menjaga jadwal teratur.

Setelah tubuh Anda menyesuaikan diri dengan jadwal ini, akan lebih mudah untuk tertidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari.

Penting juga untuk tidur selama 7 sampai 9 jam setiap malam. Ini telah terbukti sebagai durasi tidur yang optimal untuk orang dewasa

Terakhir, berikan diri Anda waktu 30-45 menit untuk bersantai di malam hari sebelum tidur. Ini memungkinkan tubuh dan pikiran Anda untuk rileks dan bersiap untuk tidur

Hindari tidur siang

YesDok Ads

Karena kurang tidur pada malam hari, penderita insomnia cenderung mengantuk pada siang hari, yang seringkali menyebabkan tidur siang.

Meskipun tidur siang dalam waktu singkat telah dikaitkan dengan peningkatan kewaspadaan dan kesejahteraan, terdapat beragam pendapat tentang efek tidur siang pada tidur malam.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur siang yang lama (minimal 2 jam), dan larut malam dapat menyebabkan kualitas tidur malam yang buruk dan bahkan kurang tidur.

Dalam sebuah penelitian terhadap 440 mahasiswa, kualitas tidur malam paling buruk diamati pada mereka yang melaporkan tidur siang tiga atau lebih per minggu, mereka yang tidur siang lebih dari 2 jam, dan mereka yang tidur larut malam (antara jam 6 sore dan 9 malam).

Dengarkan musik yang menenangkan

Musik dapat meningkatkan kualitas tidur secara signifikan. Bahkan dapat digunakan untuk memperbaiki gangguan tidur kronis, seperti insomnia.

Sebuah studi terhadap 24 orang dewasa muda menunjukkan bahwa musik penenang mendorong tidur yang lebih nyenyak.

Studi 50 orang lainnya mengungkapkan bahwa mereka yang mendengarkan musik yang menenangkan selama 45 menit sebelum tidur memiliki tidur yang lebih nyenyak dibandingkan dengan mereka yang tidak mendengarkan musik.

Terakhir, jika musik santai tidak tersedia, memblokir semua kebisingan juga dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Matikan semua elektronik

Menggunakan perangkat elektronik pada larut malam sangat buruk untuk tidur. Menonton TV, bermain video game, menggunakan ponsel, dan jejaring sosial dapat membuat Anda semakin sulit untuk tertidur.

Ini sebagian karena perangkat elektronik memancarkan cahaya biru, yang terbukti menekan melatonin.

Disarankan untuk mematikan semua elektronik dan menyimpan komputer dan ponsel sehingga Anda dapat memastikan tempat yang tenang, bebas dari gangguan sebelum Anda tidur.

(Foto: healthline)

YesDok Ads