0 Point
Makanan kaya natrium

Ingin Berumur Panjang, Hindari Makanan ini Secara Berlebihan

Makan sehat berarti memilih nutrisi yang tepat dan juga jumlah nutrisi yang tepat. Sehat seringkali, dikaitkan dengan berapa lama Anda dapat menikmati hidup.

Makanan sehat dapat meningkatkan gaya hidup sehat Anda, tetapi jika Anda menyimpang dari diet seimbang, itu dapat berdampak besar pada kesejahteraan fisik dan mental Anda. Meskipun nutrisi mungkin sangat penting untuk kesehatan Anda, kelebihan konsumsi nutrisi tertentu atau bisa menjadi sumber kekhawatiran bagi banyak orang.

Jadi, jika Anda adalah seseorang yang ingin menambah nutrisi yang baik, berikut adalah beberapa nutrisi yang tidak boleh Anda konsumsi secara berlebihan.

1. Lemak trans dan jenuh

Lemak trans adalah salah satu jenis lemak makanan yang paling tidak sehat, yang tidak hanya meningkatkan kolesterol jahat, tetapi juga menurunkan kolesterol baik. Kelebihan lemak trans dapat membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit jantung, salah satu penyakit yang paling fatal pada orang dewasa, menurut American Heart Association.

Lemak trans juga meningkatkan risiko Anda terkena diabetes tipe 2. Menambah masalah kolesterol menumpuk di arteri, meningkatkan kadar kolesterol "jahat".

2. Natrium

Menurut para ahli, kelebihan asupan natrium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Selain itu, natrium dapat melemahkan tulang hingga dapat membahayakan kesehatan Anda, seiring bertambahnya usia.

3. Gula

Semua makanan manis pasti enak, tapi ada masalah dibalik itu semua. American Heart Association (AHA) mengklaim bahwa minuman manis mengandung sekitar 47% gula tambahan, yang sangat mengkhawatirkan. Asupan gula berlebih dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, peradangan kronis, dan penyakit hati berlemak, yang semuanya meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Nitrat

Meskipun nitrat adalah senyawa kimia, mereka sebetulnya juga dianggap sebagai jenis nutrisi. Makanan yang mengandung nitrat sering dikaitkan dengan efek kesehatan yang berbahaya termasuk jantung berdebar, mual, sakit kepala, dan kram perut. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa makan makanan tinggi nitrat juga dapat meningkatkan risiko kanker.

5. Zat Besi

Konsumsi zat besi yang berlebihan juga dapat merugikan tubuh Anda. Makan berlebihan makanan kaya zat besi dapat menyebabkan penumpukan zat besi di jaringan dan organ. Gangguan paling umum yang dapat terjadi adalah hemokromatosis herediter, yang bila tidak diobati meningkatkan risiko radang sendi, masalah hati, diabetes, gagal jantung, dan kanker.

(Foto: pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok