0 Point

Infeksi Nifas Pasca Melahirkan Bisa Sebabkan Kematian

Setelah proses persalinan berjalan lancar, seorang wanita akan mengalami masa nifas. Dimana pasca melahirkan darah akan keluar selama 40 hari. Di waktu inilah Anda tidak boleh lengah karena bahaya infeksi mengintai selama nifas.

Infeksi nifas atau yang disebut dengan infeksi pueperalis terjadi ketika bakteri masuk dan menginfeksi rahim serta daerah sekitarnya setelah seorang wanita melahirkan. Infeksi nifas ini sendiri menyumbangkan sekitar 10 persen angka kematian dan lebih tinggi lagi di daerah yang memiliki sanitasi tidak layak.

Gejala yang muncul disebabkan oleh infeksi nifas ini adalah ditandai dengan tubuh demam sekitat 38 derajat celcius atau lebih setelah melahirkan. Sebenarnya pasca melahirkan suhu akan meningkat sekitar 0,5 derajat celcius dan akan kembali normal dalam 24 jam. Namun jika Anda terkena infeksi nifas kenaikan suhu tubuh ini dapat berlangsung sekitar 2-10 hari.

Selain itu, Anda merasakan nyeri dibagian perut bawah, keputihan, pucat yang kemungkinan besar karena Anda kehilangan banyak darah. Tanda lainnya seperti menggigil, sakit kepala, turun nafsu makan dan peningkatan denyut jantung. Gejala infeksi nifas ini dapat menyerang Anda hanya dalam waktu beberapa jam atau hari setelah melahirkan. Jika dibiarkan infeksi nifas bisa menyebabkan penyakit serius lainnya bahkan kematian.

Penyebab Anda terkena infeksi nifas sebenarnya bisa karena beberapa faktor. Kurangnya kehigienisan alat-alat medis yang digunakan saat membantu Anda melahirkan juga bisa disebabkan oleh itu. Masuknya bakteri di area yang lembab atau bekas luka baik proses melahirkan normal atau pun caesar.

Ada beberapa jenis infeksi masa nifas, termasuk endometritis (infeksi pada lapisan rahim), miometritis (infeksi pada otot rahim), dan parametritis (infeksi pada area di sekitar rahim).

Cara mengatasinya bisa dilakukan dengan cek kesehatan fisik. Biasanya dokter akan mengambil sampel urine atau darah untuk menguji keberadaan bakteri. Dokter juga akan menganjurkan minum obat antibiotik untuk membunuh bakteri.

Disini begitu terlihat pentingnya mengontrol secara rutin ke dokter pasca melahirkan. Agar masalah kesehatan yang kerap kali menjangkit wanita yang rentan pasca melahirkan dapat terdeteksi. 

(Foto: sabervivirtv)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok