0 Point
Diabetes.

Hubungan Keringat Berlebihan dengan Penyakit Diabetes

Banyak penderita diabetes mengalami saat-saat ketika mereka berkeringat terlalu berlebihan atau terlalu sedikit.

Penyakit diabetes dapat mempersulit tubuh seseorang untuk mempertahankan suhu yang stabil dan menghasilkan keringat jumlah keringat yang tepat untuk menjaga suhu tubuh tetap dingin.

Pengobatan untuk kondisi ini tergantung pada jenis keringat yang seseorang miliki. Dokter akan menyarankan perawatan terbaik untuk membantu meringankan dan menghentikan keringat berlebihan tersebut.

Keringat yang berlebihan dapat menjadi tanda atau gejala dari kondisi kesehatan medis lain yang lebih serius.

Diabetes dan keringat berlebihan

Kondisi medis tertentu, salah satunya seperti diabetes, bisa mengganggu jumlah keringat normal sehingga seseorang berkeringat terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Hal ini bisa menyebabkan gangguan selama cuaca yang panas namun ketidakmampuan untuk mengatur suhu tubuh juga bisa menempatkan seseorang seseorang pada risiko suhu dingin.

Tiga jenis masalah keringat yaitu adalah 

  • Keringat gustatory, jenis keringat ini disebabkan oleh makanan dan terjadi pada area yang terbatas seperti wajah dan leher
  • Hiperhidrosis, umumnya jenis keringat ini masih tidak diketahui penyebabnya jelasnya dan belum tentu disebabkan oleh suhu atau olahraga
  • Keringat malam atau night sweat, hal ini disebabkan oleh gula darah yang rendah akibat penggunaan insulin

Gula darah rendah yang biasanya dibawah 70 mg/dL dapat menyebabkan respons flight or fight yang dimana memicu pelepasan hormon yang bisa meningkatkan keringat.

Ketika kadar gula darah yang terlalu tinggi untuk jangka waktu yang cukup lama, hilangnya fungsi saraf dapat terjadi, kondisi medis tersebut dikenal dengan neuropati diabetik.

Pengobatan

Mengobati keringat berlebih membutuhkan obat-obatan. Hal ini mungkin bisa menyebabkan efek samping dan tingkat efektivitasnya.

Pengobatan medis yaitu seperti berikut:

  • Obat penghambat saraf
  • Resep antiperspiran
  • Suntikan botox
  • Antidepresan

Selain pengobatan medis, berbagai penerapan gaya hidup sehat seperti menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan alami serta mengganti pakaian setiap hari saat berkeringat.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok